Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Istri, Mufidah Jusuf Kalla beserta rombongan kembali ke tanah air, Kamis, setelah melaksanakan lawatan ke Hiroshima dan Osaka, Jepang, selama dua hari.

Wapres JK terbang kembali ke tanah air melalui Bandara Internasional Kansai, Osaka, sekitar pukul 11.00 waktu setempat (selisih dua jam lebih cepat dari Jakarta), dengan menggunakan pesawat Garuda dengan nomer penerbangan GA 883, menuju Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Dari Bali melanjutkan penerbangan ke Halim Perdanakusuma Jakarta, demikian keterangan Juru Bicara Wakil Presiden Husain Abdullah.

Turut serta dalam rombongan Hamid Awaludin, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi.

Sementara itu selama dua hari di Jepang, sejak Selasa (20/2), Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan serangkaian kegiatan. Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di Osaka pada Selasa pagi. Di Osaka, Presiden menerima Gubernur Osaka Ichiro Matsui, para pengusaha yang tergabung dalam Federasi Ekonomi Kansai (Kankeiren).

Wapres JK dan Istri Mufidah Kalla di Stasiun Osaka, sebelum menaiki Kereta Api Cepat Shinkansen Nozomi menuju Hiroshima. Wapres JK dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa (HC) bidang Perdamaian dan Pembangunan dari Universitas Hiroshima. (Dokumentasi Setwapres)

Wapres melanjutkan perjalan ke Hiroshima dengan kereta api cepat Shinkansen Nozomi pada Rabu (21/2) pagi. Di Hiroshima, Wapres JK menerima gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) bidang Perdamaian dan Pembangunan dari Universitas Hiroshima.

Baca juga: Wapres terima gelar doktor kehormatan dari Universitas Hiroshima

Wapres juga menyempatkan diri mengunjungi Monumen Perdamaian Hiroshima yang dibangun sebagai pengingat peristiwa bom nuklir yang dijatuhkan di wilayah tersebut pada perang dunia kedua.

Baca juga: Wapres berbagi pengalaman selesaikan konflik di Jepang


Pewarta: M Arif Iskandar
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018