... Karena itulah Individualisme tidak mendapat tempat di PDI Perjuangan
Bali (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan semangat gotong royong merupakan kunci strategi pemenangan pemilu yang dilakukan partai tersebut, karena diyakini dapat menekan biaya politik.

"Dengan semangat gotong royong pula, strategi pemenangan pemilu dilakukan. Dampaknya beban biaya politik calon berhasil ditekan," kata Hasto dalam keterangannya di Bali, Jumat.

Hasto mengatakan Rakernas III PDI Perjuangan menegaskan semangat gotong royong sebagai jiwa dan kepribadian bangsa.

Menurut dia, melalui semangat gotong royong, maka PDI Perjuangan mampu bertahan menghadapi situasi yang sangat sulit sekalipun.

"Ketika menyampaikan sambutan pada Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan ke 45 tanggal 10 Januari 2018, Presiden Joko Widodo menegaskan hanya satu kata yang membuat PDI Perjuangan bisa tetap bertahan yaitu Gotong Royong," ujarnya.

Dia mengatakan gotong royong terjadi karena semangat kolektivitas untuk kepentingan bangsa dan negara.

Menurut dia, PDI Perjuangan sebagai partai yang berideologi berdasarkan Pancasila, selalu mengedepankan semangat gotong royong.

"Bagi kami berpartai adalah mengabdi pada kepentingan kolektif bangsa, bukan orang perorang. Karena itulah Individualisme tidak mendapat tempat di PDI Perjuangan," katanya.

Dia mengatakan PDI Perjuangan terus menata diri, memerbaiki diri, dan memerhebat kaderisasi kepemimpinan partai, dengan tuntutan terhadap standar moral dan etika yang semakin tinggi.

Menurut dia, kesadaran ideologis terus ditanamkan sehingga kader partai diharapkan dapat menjadi teladan bagi masyarakat dimana dia ditugaskan.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018