Skandal perselingkuhan buat Deputi PM Australia mundur dari kabinet

Skandal perselingkuhan buat Deputi PM Australia mundur dari kabinet

Deputi Perdana Menteri Australia Barnaby Joyce bereaksi saat duduk di belakang PM Australia Malcolm Turnbull dalam sebuah sidang di Parlemen Australia, Canberra, 24 Oktober 2017. (Reuters)

Jakarta (ANTARA News) - Deputi Perdana Menteri Australia, Barnaby Joyce, pada Jumat mengatakan akan mengundurkan diri dari struktur kepemimpinan partainya dan jabatannya di kabinet.

Hal itu ditempuh Joyce setelah beberapa pekan terakhir mendapat tekanan dari publik akibat mengemukanya skandal perselingkuhan yang ia lakukan dengan bekas sekretaris urusan media, Vikki Campion.

Meski menanggalkan jabatannya di kabinet dan struktur Partai Nasional, Senin (26/2), Joyce memutuskan tidak akan mundur dari kursinya di Parlemen Australia.


Pasalnya, posisi Joyce masih dibutuhkan di Parlemen Australia demi menyokong mayoritas satu kursi bagi koalisi tengah-kanan yang mengusung Perdana Menteri Malcolm Turnbull.

Joyce yang diguncang skandal perselingkuhan tersebut merupakan penganut Katolik dan telah menikah selama 24 tahun serta mengusung nilai-nilai kekeluargaan dalam kampanyenya, demikian Reuters.

Penerjemah: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar