Los Angeles (ANTARA News) - Surat lamaran pekerjaan yang dibuat Steve Jobs lebih dari empat dasawarsa lalu, yang mencerminkan cita-cita pendiri Apple itu untuk bekerja dalam bidang teknologi dan desain, akan dilelang bulan depan.

Dengan perkiraan nilai sekitar 50.000 dolar AS, lamaran pekerjaan satu halaman pada 1973 itu, lengkap dengan kesalahan ejaan dan tanda baca, mencantumkan namanya sebagai "Steven Jobs" dan alamatnya "reed college", perguruan tinggi di Oregon tempat dia pernah kuliah menurut pengumuman rumah lelang di Boston, RR Auction, Kamis.

Di bawah bagian bertulisan "Kemampuan Khusus", Jobs menulis "teknisi atau perancang teknologi. digital. dari Teluk di dekat Hewitt-Packard", merujuk pada perusahaan teknologi perintis di Kalifornia, Hewlett-Packard.

Dokumen tersebut tidak menyatakan kedudukan yang dilamar Jobs. Ia dan temannya, Steve Wozniak, mendirikan Apple sekitar tiga tahun kemudian. Jobs meninggal karena kanker pada 2011 dalam usia 56 tahun.

Meski Jobs dalam surat lamaran tersebut menyatakan memiliki surat izin mengemudi, dia mengatakan bahwa aksesnya untuk transportasi adalah "mungkin, tapi tidak memungkinkan." Di samping kolom "Telepon:" dia menulis "tidak ada."

Dokumen tersebut akan menjadi bagian dari penjualan budaya pop RR Auction yang akan berlangsung 8 sampai 15 Maret.

Dua barang Jobs lainnya akan muncul dalam lelang yang sama adalah satu Mac OS X bermesin manual yang ditandatangani oleh Jobs pada 2001 senilai 25.000 dolar AS, dan sebuah kliping koran tahun 2008 yang dia tanda tangani senilai 15.000 dolar AS. Dalam koran itu ada sebuah foto Jobs dan berita utama utama yang bertulisan "Baru, iPhone yang lebih cepat akan dijual seharga 199 dolar AS."

Lelang tersebut juga akan menampilkan kartu sidik jari asli dari penangkapan Jimi Hendrix pada 1969 di Toronto atas tuduhan obat terlarang, yang ditandatangani oleh mendiang musisi "rock," yang nilainya mencapai 15.000 dolar AS.

Pelelangan tersebut juga akan mencakup surat cinta penyanyi Inggris Amy Winehouse kepada suaminya, Blake Fielder-Civil. Selain tulisannya, surat Winehouse satu halaman itu menampilkan sketsa bayi buaya dikelilingi gambar hati. Surat tersebut bernilai sekitar 4.000 dolar AS, demikian menurut siaran kantor berita Reuters. (Uu.KR-DVI)

Pewarta: -
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018