Tangerang (ANTARA News) - Penataan kota yang rapih hingga ke pemukiman warga, cagar budaya dan munculnya taman-taman tematik baru di Kota Tangerang, Banten, telah mendorong jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang ke kota seribu industri dan sejuta jasa tersebut melonjak drastis setiap tahunnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Rina Hernaningsih di Tangerang, Jumat mengatakan transformasi Kota Tangerang menjadi Kota Layak Dikunjungi mulai mendapatkan hasil yang bagus.

Selama kurun waktu tahun 2017, tercatat ada 1.088.747 jiwa wisatawan domestik dan mancanegara yang datang. Peningkatan tersebut terjadi pada tiga bulan akhir tahun karena memang merupakan waktu liburan. Sedangkan untuk tahun 2016, tercatat 554.299 jiwa dan tahun 2015 ada 482.903 jiwa.

Wisata lokal yang disiapkan seperti taman-taman tematik, kampung tematik, cagar budaya hingga acara Festival Budaya maupun Kuliner telah menjadi agenda rutin para pelancong untuk datang ke Kota Tangerang.

Faktor lainnya adalah karena banyaknya pilihan tempat menginap yang disiapkan para pengusaha hotel serta jajanan khas daerah. Hal tersebut membuat wisatawan semakin nyaman untuk datang ke Kota Tangerang.

"Wisatawan memiliki banyak pilihan tempat untuk dikunjungi. Tempat wisata yang tematik dan tidak monoton, menjadi salah satu alasan kedatangannya," ujarnya.

Mengenai promosi, Kepala Bidang Pariwisata Rizal Ridallah menambahkan jika pihaknya telah memiliki agenda event rutin yang dipromosikan ke seluruh daerah melalui media sosial maupun media informasi lainnya.

Para wisatawan yang datang pun, lanjutnya, membantu mempromosikan wisata di Kota Tangerang melalui media sosial yang dimiliki dari hasil jepretan kameranya masing-masing yang diunggah.

"Jadi, kita promosikan setiap adanya event festival melalui media sosial karena masuk ke semua kalangan dan juga media informasi lainnya karena sekarang masyarakat menggunakan media sosial," paparnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Tabrani menambahkan untuk membantu wisatawan yang akan datang ke tempat wisata telah disediakan aplikasi E-Plesiran yang terintegrasi dalam aplikasi Tangerang LIVE.

Dalam aplikasi tersebut, katanya, telah disiapkan kanal yang berisi objek wisata, tempat kuliner dan tempat hiburan. Seluruhnya disertai juga google maps sehingga memudahkan para pelancong mencari lokasinya.

Kanal lainnya yakni beberapa fasilitas publik seperti Bank, ATM, SPBU, Kantor Polisi, Rumah Sakit, Dokter, Sekolah, Universitas, Stasiun Kereta Api, Terminal, Agen Travel hingga Masjid.

"Intinya, aplikasi ini menyediakan informasi tempat wisata dan fasilitas publik lainnya yang terdekat dengan lokasi pencari," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018