Bali (ANTARA News) - Kementerian Sosial menyiapkan anggaran sebesar Rp3 miliar lebih sebagai biaya bagi penanganan korban erupsi Gunung Sinabung, di Sumatera Utara.

"Ini dari Kemensos saja untuk isi hunian tetap dan juga biaya hidup 455 KK atau 1.506 jiwa korban erupsi Sinabung yang direlokasi secara mandiri," kata Menteri Sosial Idrus Marham dalam keterangannya yang diterima di Bali, Jumat.

Mensos saat meninjau pengungsi korban erupsi sinabung, Kabupaten Karo, Jumat mengatakan anggaran tersebut terdiri dari jaminan hidup dan isi hunian tetap sebesar Rp2,7 miliar lebih dan bantuan bufferstock logistik sebesar Rp347,3 juta.

Presiden Joko Widodo memerintahkan percepatan penanganan pengungsi gunung Sinabung paska erupsi 19 Februari 2018.

Idrus menambahkan tanggap darurat terus dilakukan begitu juga pascabencana. Masa tanggap darurat ditangani oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sementara Kemensos menangani saat sudah menghuni hunian tetap dengan memberikan isi  jaminan hidup dan isi hunian tetap

"Ini tanggung jawab kita, isi hunian tetap sebesar Rp2 juta untuk setiap rumah berupa peralatan dapur sederhana dan jaminan hidup sebesar Rp10.000 per hari per jiwa selama tiga bulan," katanya.

Sementara itu, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat menegaskan selain memberikan bantuan dana kemensos juga menerjunkan Taruna Siaga Bencana untuk membantu para pengungsi.

"Meski erupsi susulan Kemensos secara fungsional bertanggung jawab masalah itu," kata Harry Hikmat.

Selain itu, Kementerian Sosial juga memberikan bantuan Beras Sejahtera dan Bantuan Pangan Non Tunai sebesar Rp25,6 miliar lebih untuk enam bulan yang lalu dan enam bulan yang akan datang.

Sebelumnya, Pemerintah juga telah memberikan bantuan kepada para pengungsi korban erupsi sinabung sebesar Rp76,4 miliar rupiah lebih sejak 2014.

Bantuan tersebut terdiri dari Bantuan Jaminan Hidup sebesar Rp10,7 miliar lebih. Bantuan Isi Hunian Tetap (Huntap) sebesar Rp3,1 miliar.

Bantuan Santunan bagi Ahli waris korban yang meninggal sebesar Rp250 juta. Bantuan Buffer Stock berupa bantuan makanan, keperluan keluarga, tenda sebesar Rp6,1 miliar. Bantuan Beras sebesar Rp5,06 miliar.

Baca juga: BMKG: abu vulkanik Gunung Sinabung tutupi langit di Aceh

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018