Jakarta (ANTARA News) - Investor Jepang tertarik menanamkan investasi untuk mengembangkan pengolahan limbah cair sawit atau Palm Oil Mill Effluent (POME) menjadi algae di Kawasan Teknopolitan sawit di Pelalawan, Provinsi Riau.

Peluang investasi tersebut disampaikan Group Chairman eBioTechnology Holding Pte Ltd Toshihide Nakajima, dan, Professor Algae Biomass and Energy System R&D Center Universitas Tsukuba Jepang Dr.Sc Makoto Watanabe usai meninjau pabrik pengolahan kelapa sawit di Kabupaten Pelelawan, Riau, Jumat.

Dalam penininjauan tersebut turut hadir Bupati Pelalawan M.Harris, Direktur Eksekutif GIMNI Sahat Sinaga, Ketua Umum Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN), Rapolo Hutabarat, Pengurus Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Mustafa Daulay, dan Ketua Umum Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (Maksi) Darmono Taniwiryono.

Sebelumnya pada Kamis (22/2) sempat digelar Focus Group Discussion "Peningkatan Nilai Ekonomi Limbah Cair Kelapa Sawit Dan Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca Dengan Budidaya Ganggang", di Gedung Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan.

Bupati Pelelawan M.Harris menyambut baik kedatangan investor dari Jepang ini karena mendukung pengembangan Kawasan Teknopark Sawit Pelalawan.

Selain itu, menurut dia, kehadiran investasi teknologi pengolahan limbah sawit itu punya dampak positif dan bernilai tambah bagi perekonomian masyarakat petani sawit yang modern.

Untuk mendukung investasi, dikatakan Harris, pihaknya berjanji membantu kemudahan perijinan. Kendati demikian, pemberian ijin tetap mengacu regulasi daerah dan pusat. "Dukungan lain adalah kawasan Tekno Park ini mempunyai luas 3.700 hektare yang terbagi enam zona kawasan untuk pembangunan pabrik," ujarnya.

Di Jepang, sumber bahan baku alga bersumber dari lemak ikan laut dalam. Alga mempunyai kandungan fatty acid yang sangat berguna menjadi komponen pembuatan kosmetik dan farmasi.

Namun saat ini, tidak mudah mendapatkan sumber bahan baku algae ditambah lagi produksi kian tinggi. Watanabe mengakui limbah cair minyak sawit sangat cocok diolah menjadi alga dibandingkan minyak nabati lain.

Kesesuaian ini berdasarkan faktor melimpahnya bahan baku dan kandungan Biological Oxygen Demand (BOD) dapat diolah menjadi 20 PPM.

Di Kabupaten Pelalawan, jumlah pabrik sawit mencapai 27 unit dan 6 diantaranya mempunyai fasilitas penangkapan gas metan (methane capture).

Sedangkan, 21 unit lain tidak dilengkapi methane capture dengan total kapasitas pengolahan berjumlah 1.125 ton TBS per hari atau setara 900 ton POME per jam.

Potensi tersebut yang menjadi pertimbangan investor Jepang untuk membangun fasilitas produksi alga.

Sahat Sinaga menyebutkan ada 8 unit pabrik sawit dalam radius 20 kilometer di kawasan Tekno Park yang dapat memasok 360 ton POME per jam untuk diolah menjadi alga.

Konsorsium Investor Jepang menjadi pembeli siaga (offtaker) produk alga tersebut. Direncanakan alga tadi dapat diolah lagi menjadi docosahexaenoic acid (DHA).

Menurut Sahat, teknologi pengolahan limbah cair menjadi algae mempunyai dampak ganda (multiplier effect) kepada perekonomian lokal dan petani rakyat.

Apabila dibangun fasilitas pengolahan alga, maka dibutuhkan konsorsium bersama antara investor Jepang dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Keterlibatan BUMD inilah yang akan berkontribusi kepada kas pemasukan daerah. Sementara itu, bagi pabrik sawit tidak lagi bergantung kepada penjualan minyak sawit mentah (CPO) apabila sudah ada produk alga dapat meningkatkan produk alga tersebut.

"Teknologi ini dapat mengurangi jumlah kolam limbah sawit di pabrik, sehingga dapat mengurangi pengeluaran gas emisi rumah kaca. Artinya, pengolahan limbah cair ini berdampak positif kepada lingkungan dan program pemerintah," katanya.

Hidetoshi menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan studi kelayakan proyek investasi pengolahan POME menjadi algae pada April 2018.

Studi ini melibatkan peneliti Indonesia dan PT Nutri Palma Nabati, dengan harapan studi kelayakan ini dapat selesai dalam jangka waktu enam bulan.

Diperkirakan pembangunan fasilitas produksi algae dari limbah sawit memerlukan dana antara 30 juta-60 juta dolar AS.

"Untuk mengetahui berapa kapasitas produksi yang bisa dihasilkan dengan investasi tadi, kami masih menunggu hasil studi kelayakannya,"ujarnya.

Studi kelayakan melibatkan Universitas Tsukuba dan PT Nutri Palma Nabati.

Presiden Direktur PT Nutri Palma Nabati Darmono Taniwiryono mengatakan rancangan studi berjalan April tahun ini dengan pendanaan dari Jepang.

Dalam studi ini akan ada kombinasi antara Jepang dan Indonesia, teknologi Jepang mengenai pembudidayaan alga yang tidak berklorofil nantinya menghasilkan DHA dan minyak ester berkualitas tinggi untuk kosmetik.

Darmono menambahkan dari Indonesia berkontribusi kepada teknologi penyaringan POME untuk menekan volume Biochemical Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD), jadi, POME tadi harus diencerkan untuk dapat diolah menjadi produk alga.

"Targetnya, pembangunan fasilitas alga berada di sembilan unit pabrik sawit di wilayah Pelalawan," katanya.

Selain itu, konsorsium Jepang akan membangun pabrik untuk mengolah alga menjadi DHA dan minyak ester sedangkan pemasaran produk alga ditujukan kepada pasar ekspor.

Pewarta: Subagyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018