Tulungagung (ANTARA News) - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri kampanye tertutup pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Tulungagung Margiono-Eko Prisdianto di Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu.

Kehadiran mantan orang nomor satu di Indonesia itu disebut menjadi magnet 1.000 lebih kader pendukung pasangan Margiono-Eko Prisdianto (Mardiko) untuk datang dan memadati balai pertemuan Bharata Convention Centre, hingga acara usai.

Dalam kampanye yang dikemas dengan tema Silaturahmi Kader dan Tim Pemenangan Margiono-Eko Prisdianto itu, SBY memberikan sejumlah tips dan pesan kepada koleganya, Margiono agar menjalani kompetisi secara baik dan elegan.

"Sahabat saya ini bapak-ibu, saudara-saudara, adalah seorang yang dekat dengan rakyat. Kalau pemimpin cinta rakyat seperti sebagaimana yang saya ketahui pada sosok Margiono, maka hatinya, pikirannya, lakunya, jiwanya, tindakannya, selalu memikirkan nasib dan masa depan rakyat," kata Susilo Bambang Yudhoyono saat menyampaikan pidato sambutan.

Menurut SBY, sifat itu menjadi modal awal yang tidak mungkin tergantikan oleh apapun.

"Saya senang, jadi pasangan kita ini sudah mengerti apa persoalan yang dihadapi di Tulungagung. Apa harapan saudara-saudara kita yang di Tulungagung ini, untuk masa depan yang lebih baik. Untuk lima tahun yang akan datang," katanya.

Dengan gaya serta intonasi bicaranya yang tenang dan khas, SBY mengingatkan kepada Margiono maupun Eko agar tidak banyak mengumbar janji. Tetapi supaya lebih taktis sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat Tulungagung, sehingga efektif dan efisien.

"Saya yakin beliau tidak akan berjanji yang melebihi kepatutannya. Karena kedua beliau tahu, makin berjanji maka makin banyak pula yang yang tidak bisa diwujudkan," katanya.

Karena itu SBY berpesan agar Margiono dan Eko juga berfikir taktis dengan memahami harapan serta persoalan yang ada di Tulungagung.

"Harapannya apa, sumber daya yang dimilik Tulungagun apa, dan ikhtiar kedua beliau apa untuk menambah sumber daya itu. Baru kemudian dipikirkan bagaimana kebijakan, solusi dan tindakan yang akan diambil. Maka itulah yang harus dilakukan seorang pemimpin di Tulungagung," ujarnya.

Dikonfirmasi usai kegiatan, Cabup Margiono mengaku sengaja mengundang Ketua Umum partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dalam kampanye tertutup yang dia gelar di balai pertemuan Barata Convention Centre.

Kepada wartawan, Margiono juga berencana mengundang sejumlah tokoh nasional, khususnya ketua umum sejumlah parpol untuk membantu berkampanye di Tulungagung.

Selain pasangan nomor urut 1 Margiono-Eko Prisdianto, Pilkada Tulungagung diikuti pasangan petahana Syahri Mulyo dan Maryoto Bhirowo yang mendapat nomor urut 2.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018