Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meninjau jalur kereta api yang diterjang banjir di sekitar perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah sehingga mengganggu jadwal alat transportasi tersebut.

"Siang ini saya akan ke Brebes untuk meninjau banjir yang melanda jalur kereta api sehingga tidak bisa dilalui," kata Menhub Budi Karya kepada pers di Jakarta, Minggu.

Hal itu disampaikan saat meninjau Program Aksi Keselamatan Perhubungan Darat Pembuatan SIM A Umum Kolektif Bersama Kementerian Perhubungan dan Polri.

Budi ingin memastikan kondisi jalur kereta api yang diterjang banjir untuk mengambil langkah penanganan selanjutnya.

Dia mengatakan, faktor keselamatan penumpang keteta api menjadi utama untuk diperhatikan, sehingga dirinya ingin memastikan kondisi terakhir.

(Baca juga: KAI angkut penumpang dengan bus akibat banjir)

"Kalau memang perlu pembenahan cepat maka harus kita lakukan termasuk mengambil langkah perbaikan yang bisa saja melibatkan instansi lain seperti dengan Kementerian PUPR," kata Budi.

Menurutnya, akibat adanya banjir yang menerjang jalur kereta api, maka banyak jadwal yang berubah sehingga mengganggu perjalanan.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi VI Yogyakarta menyatakan banjir yang terjadi di jalur selatan Jawa Tengah dan DIY akibat meluapnya Sungai Cisanggarung, Cirebon mengganggu perjalanan kereta api jurusan Solo-Jakarta.

Akibatnya PT KAI harus mengubah rute perjalanan KA, yaitu dari yang biasanya melalui Cirebon-Purwokerto harus memutar Cirebon-Tegal.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018