Jakarta (ANTARA News) - Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja gagal melaju ke playoff Divisi Merah Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018 usai kalah dari Satria Muda Pertamina 79-107 di hari ketiga seri kedelapan, Malang, Minggu.

Hasil di pertandingan terakhirnya di musim reguler tersebut membuat Bima Perkasa Jogja (BPJ) tidak bisa mengejar perolehan poin BSB Hangtuah yang berada di peringkat ketiga Divisi Merah yaitu posisi terakhir tim playoff.

Dipantau dari laman resmi IBL, Jakarta, Minggu, total BPJ mengumpulkan 23 poin dari 17 laga, sementara BSB Hangtuah memiliki 24 poin dari 17 pertandingan.

BPJ sendiri sempat membuka harapan lolos ke playoff setelah sempat unggul 47-43 di babak pertama laga kontra Satria Muda (SM) yang digelar di GOR Bima Sakti, Malang itu.

Namun, BPJ memulai pertandingan dengan lambat di kuarter ketiga yang membuat Satria Muda berbalik memimpin 47-54 saat kuarter tersebut baru berjalan tiga menit. Sejak itu, BPJ tak bisa lagi mampu memimpin sampai akhirnya takluk 79-107 di akhir laga.

Pada laga tersebut, guard Anthony Mc Donald menjadi yang terbaik di BPJ dengan membuat 34 poin, enam rebound dan lima assist.

Di kubu SM, big man asal Amerika Serikat Dior Lowhorn menorehkan angka tertinggi yaitu 45 poin, tujuh rebound dan lima assist.

Dengan demikian, lengkap sudah enam tim yang berada di babak playoff. Tiga tim perwakilan tim Divisi Merah yaitu Satria Muda Pertamina, Garuda Bandung dan BSB Hangtuah.

Satria Muda (SM) yang berada di posisi teratas berhak langsung berada di semifinal. Lawan mereka di babak empat besar tersebut adalah pemenang antara laga Garuda Bandung versus BSB Hangtuah.

Perwakilan playoff dari Divisi Putih yaitu Pelita Jaya Basketball, Stapac Jakarta dan Pacific Caesar. Sama seperti SM, Pelita Jaya sebagai pemimpin divisi berhak langsung ke "final four" dan akan berhadapan dengan Stapac atau Pacific Caesar.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018