Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi satu di antara empat wanita yang menjadi menteri pada Kabinet Kerja, yang turut berpartisipasi dalam acara lelang sukarela koleksi pribadi sebagai acara peringatan 110 tahun lelang Indonesia.  Sri Mulyani melelang salah satu batik lengan panjang kesayangannya.

Tiga perempuan menteri lainnya yang turut dalam lelang ini adalah Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Katalog lelang sukarela koleksi pribadi yang diterima di Jakarta, Senin, menyatakan koleksi pribadi milik Sri Mulyani Indrawati yang dilelang ini adalah baju batik tulis lengan panjang motif bunga, merk Nena, ukuran M dengan kondisi bagus.

Nilai limit lelang dari baju batik ini adalah Rp5 juta dengan uang jaminan yang harus diberikan Rp2 juta. Cara lelang dari koleksi pribadi ini adalah melalui internet atau e-auction dengan mendaftar terlebih dahulu pada laman DJKN.

"Baju batik tersebut merupakan kesayangan Sri Mulyani dan sering dipakai beliau selama menjalankan tugas sebagai Menteri Keuangan," sebut katalog itu.

Lelang yang akan berlangsung 28 Februari lusa ini tidak hanya diikuti Sri Mulyani, namun juga para pejabat eselon satu Kementerian Keuangan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla juga mengikuti lelang ini dengan menyumbang sejumlah koleksi berupa merk JK Collection, kain batik, kain tenun, songket nusantara dan baju batik.

Baca juga: Sri Mulyani raih penghargaan sebagai menteri terbaik di dunia

Koleksi lain yang disumbangkan adalah dari Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Terdapat juga koleksi pribadi Direktur Lelang DJKN Kementerian Keuangan Lukman Effendi, Dirut PT BNI Achmad Baiquni dan Dirut PT BRI Suprajarto.

Barang-barang milik pejabat negara yang dilelang tersebut antara lain gitar, lukisan, seperangkat alat golf, sepeda, cookies jar keramik, tas, sepatu, jaket kulit, sajadah, badge tenis meja, jam tangan dan dasi.

Lelang terbuka untuk umum ini dilakukan dengan penawaran harga secara tertulis dan lisan yang semakin naik atau turun untuk mencapai harga tertinggi yang didahului dengan pengumuman lelang.

Masyarakat umum yang ingin mengikuti lelang ini dapat memilih dua jenis lelang yaitu secara konvensional dengan hadir di tempat acara atau melalui internet (e-auction) dengan menggunakan akun virtual dan mendaftarkan diri melalui laman lelang DJKN.

Lelang sukarela ini berlangsung di Gedung Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 14, Jakarta Pusat, mulai Pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Ini kenapa Sri Mulyani dinobatkan sebagai Menteri Terbaik di Dunia

Pewarta: Satyagraha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018