Waykanan (ANTARA News) - Wakil Bupati Waykanan, Provinsi Lampung Edward Antony membantu evakuasi warga korban banjir yang akan melahirkan di Kampung Karang Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Selasa.

"Saya bersama Sekretaris Kesehatan Heri Novianto bersama- sama membantu warga yang akan melahirkan untuk dievakuasi dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan pertolongan pertama," kata dia di Waykanan, Selasa.

Edward menjelaskan, hujan yang mengguyur sejak senin malam, (26/2) mengakibatkan banjir di sejumlah kampung pada sejumlah kecamatan di Kabupaten Waykanan.

Ia menambahkan, ibu hamil yang akan melahirkan langsung dibawa menggunakan perahu karet untuk ke pinggir dan langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan persalinan.

Dengan kesiapsiagaan para bidan desa, perawat, dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, ibu hamil tersebut dapat terbantu untuk melakukan persalinan..

"Alhamdulilah kita tadi menyelamatkan dua nyawa, anak dan ibu. Semoga bayi dan ibunya selalu diberikan kesehatan," kata Edward.

Bidan desa setempat Yeni mengatakan, warga yang mau melahirkan itu bernama Terisia Mahaleni (28) Warga dusun 9 kampung karang umpu.

"Dia ada riwayat penyakit yang tidak bisa saya sebutkan yang mengharuskan dia untuk melahirkan di rumah sakit supaya bisa ditangani langsung oleh dokternya," kata Yeni.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018