Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan dan bimbingan teknis proses sangrai kopi atau roasting kopi bagi para pelaku koperasi dan UKM.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM I Wayan Dipta dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, mengatakan pelatihan roasting kopi digelar untuk meningkatkan daya saing dan kualitas produk kopi yang dihasilkan UKM.

"Materi yang diberikan terutama menyangkut proses sangrai kopi yang merupakan proses utama, karena akan menentukan cita rasa kopi yang dihasilkan," kata Wayan.

Wayan menambahkan, tantangan bagi pelaku usaha alias produsen kopi khususnya KUKM adalah bagaimana bisa menyajikan kopi dengan cita rasa tinggi.

Untuk itu ia didukung oleh Asisten Deputi Industri dan Jasa serta Kepala Bidang Jasa dan Aneka Usaha Kemenkop dan UKM, mengambil inisiatif menggelar Bimtek yang bertujuan untuk mempercepat peningkatan kualitas produk kopi dan difokuskan pada proses sangrai kopi.

"Roasting dalam proses kopi sangat menentukan hasil akhir terlebih karena proses ini sangat menentukan cita rasa kopi yang akan dinikmati konsumen," katanya.

Dengan kata lain menurut Wayan, tahapan ini merupakan proses yang sangat krusial dibanding dengan semua tahapan pengolahan kopi lainnya.

"Cita rasa kopi dapat divariasikan sesuai selera, tergantung pada bagaimana proses roasting ini dilakukan," jelas Wayan.

Pelatihan tersebut digelar di Jakarta selama sehari melibatkan para pelaku KUKM yang selama ini menjadi produsen minuman kopi di ibu kota.

Baca juga: Kopi Sumbar kian diburu, harga terus naik

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018