Gianyar (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghadiri upacara ngaben Keluarga Kerajaan Puri Ubud di Puri Agung Ubud, Gianyar, Jumat.

Tjahjo tiba di lokasi upacara sekitar pukul 09.00 WITA, mengenakan baju garis-garis dengan warna dominan merah serta udeng berwarna senada. Di sana dia duduk bersama Bupati Gianyar I Ketut Rochineng, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana serta keluarga penyelenggara ngaben.

"Ini undangan dari Pak Ari Dwipayana, kami atur waktu jadi bisa hadir di sini," kata Tjahjo.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, yang mengenakan kebaya putih, juga sudah hadir di Puri Agung Ubud. Ia duduk tak jauh dari tempat Tjahjo duduk.

Selain mereka, presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga serta Menteri Pariwisata Arief Yahya juga dijadwalkan hadir.

Prosesi ngaben A.A. Niang Agung pada hari baik yang sudah ditentukan oleh pendeta dan disepakati oleh para penglingsir puri dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WITA dan diperkirakan berlangsung selama 1,5 jam.

Ngaben dengan bade setinggi 25 meter tersebut merupakan ngaben terbesar di Bali dan akan disaksikan ribuan warga serta para wisatawan lokal mau mancanegara.
 

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018