Jakarta (ANTARA News) - Ramadan memang masih beberapa bulan lagi, namun Facebook telah memperkenalkan Paket Solusi Ramadan yang dapat memberikan peluang bagi bisnis untuk membantu membangun brand menjadi lebih kuat dan memenangkan hati banyak orang.

"Tujuan dari meluncurkan program ini lebih cepat karena Ramadan ini adalah masa-masa yang sangat istimewa karena konsumen kita perilakunya berubah. Oleh karena itu, ini merupakan kesempatan bagi pelaku bisnis," ujar Sri Widowati, Country Director Indonesia, Facebook, di kantor Facebook, Jakarta, Jumat.

Paket Solusi Ramadan yang dikenalkan oleh Facebook ini mengedepankan lima lini produk yaitu video, Instagram Stories, 4C TV Sync dan pesan Sponsor Messenger (Sponsored Messages), dan Click-to-Messanger.

Paket Solusi Ramadan Facebook menawarkan produk yang dapat membantu bisnis dan brand terhubung dengan konsumen bahkan sebelum mereka mulai melihat atau menyadari bahwa mereka memerlukan produk atau layanan tertentu selama bulan Ramadan.

Brand dapat meningkatkan awareness dan dampak brand terhadap audiensi tertarget mereka dengan memanfaatkan iklan video di Facebook dan Instagram dan juga iklan Instagram Stories.

"Pengguna kini banyak mengkonsumsi video, terlebih fenomena menarik bahwa pada saat ini Indonesia menjadi produsen Instagram Stories terbesar di dunia," ujar Widowati.

Selain itu, untuk memberikan hasil yang lebih baik, ada pula solusi TV Sync dengan menambahkan iklan Facebook dan Instagram ke TV yang memungkinkan penambahan jangkauan dari orang-orang yang tidak dapat mereka jangkau di TV dan penambahan frekuensi atau resonansi untuk memperkuat pesan brand bagi orang-orang yang mereka telah jangkau di TV.

"Hampir tiga perempat orang menggunakan mobile phone sambil menonton TV atau yang kita bilang multi-screening. Kebanyakan konten yang dibagikan adalah tentang apa yang ada di TV melalui sosmed atau messaging," kata Widowati.

"TV juga biasanya hanya dinikmati oleh orang yang berada di rumah, padahal pada saat konsumen mobile jarak iklan dan pembelian lebih dekat. Oleh karena itu, kita melihat bagaimana menggabungkan kedua channel memberikan cara bisnis dengan impact yang lebih besar lagi," sambung dia.

Untuk melengkapi kampanye brand, bisnis dapat menggerakkan orang agar mempertimbangkan produk atau layanan mereka serta mendorong konsumen di aplikasi Messenger.

Brand dapat mengjangkau konsumen baru atau melibatkan kembali pelanggan mereka dengan solusi iklan click-to-Messenger, solusi untuk mengajak orang langsung bergabung di satu percakapan Messenger dengan bisnis atau brand yang penting bagi mereka.

"Messenger bisa menciptkan konsumen lebih dekat dengan pelaku bisnis lewat pertanyaan," ujar Widowati.

Solusi lainnya adalah Pesan Sponsor Messenger (Sponsored Messages), sebuah tipe iklan berbayar yang dikirim langsung ke semua orang yang pernah membuka Percakapan dengan Facebook Page sebuah bisnis.   

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018