Jakarta (ANTARA News) - Menurut Insight Ramadan terbaru dari Facebook, waktu yang dihabiskan di mobile selama bulan Ramadan pada tahun 2017 telah meningkat hingga 20 persen, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Hal ini membuat perilaku konsumsi video juga meningkat. Menurut data Facebook Indonesia, waktu menonton video meningkat 74 persen hanya dalam satu tahun selama bulan puasa, di Indonesia.

Pengguna juga 19 persen lebih banyak mengunggah video selama bulan puasa dibandingkan dengan 3 bulan sebelum dan sesudah Ramadan.

Alasan dari perubahan ini, menurut Country Director Indonesia, Facebook, Sri Widowati, karena mobile menjadi pusat sosialisasi yang menghubungkan orang Indonesia selama bulan Ramadan, Dari bagaimana mereka merencanakan aktivitas sosial, bagaimana mereka berinteraksi di Facebook dan bagaimana mereka membagikan momen terpenting mereka.

"Orang lebih sosial saat Ramadan, punya keinginan mendekatkan diri tidak hanya dengan teman-teman dan keluarga, tapi juga keinginan dengan orang yang sudah lama tidak bertemu," ujar Widowati.

Baca juga: Facebook perkenalkan Paket Solusi Ramadan untuk bisnis

Baca juga: Tweet terkait Ramadan mencapai 118 juta di seluruh dunia




Secara umum, Widowati juga mengungkapkan bahwa perangkat mobile adalah pusat konektifitas selama bulan Ramadan. Selama bulan Ramadan, 2,2 kali lebih banyak waktu yang dihabiskan orang di perangkat mobile dibandingkan menonton TV.

Bahkan saat sedang menonton TV selama bulan Ramadan, 75 persen orang Indonesia menggunakan ponsel mereka.

Postingan Facebook juga dua kali lebih banyak dibandingkan pada periode bulan sebelum dan sesudah Ramadan di Indonesia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018