Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menentang kritik global terhadap rencananya mengenakan tarif impor baja dan aluminium, dan tampaknya menyambut baik gagasan mengenai perang dagang.

"Ketika sebuah negara (AS) mengalami kerugian miliaran dolar dalam perdagangan dengan hampir setiap negara yang berbisnis dengannya, perang dagang bagus, dan mudah dimenangkan,"cuit Trump pada Jumat.

"Contohnya, saat kita mengalami kerugian 100 miliar dolar AS dengan negara tertentu dan mereka semena-mena, jangan berdagang lagi -- kita akan menang telak. Itu mudah!" demikian Trump menulis di akun Twitter dia.

"Kita harus melindungi negara kita dan pekerja kita. Industri baja kita dalam kondisi buruk. JIKA ANDA TIDAK PUNYA BAJA, ANDA TIDAK PUNYA NEGARA!"

Setelah beredar rumor dan kontra rumor mengenai niat pemerintahnya, Trump pada Kamis mengumumkan dia akan menandatangani sejumlah langkah yang dirancang untuk melindungi produsen AS pekan depan.

Rencana pengenaan tarif itu -- 25 persen untuk impor baja dan 10 persen untuk impor aluminium -- mencakup dua bahan yang sangat penting bagi sektor konstruksi dan manufaktur.

Rencana Trump memicu kemarahan mitra dagang utama AS seperti Kanada, Uni Eropa, Australia dan Meksiko, serta saingannya Tiongkok menurut siaran AFP. (mr)
 

Pewarta: -
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018