Jakarta (ANTARA News) - Garuda Bandung berhasil menaklukkan BSB Hangtuah dengan skor 73-69, Sabtu (3/3), dan menyamakan kedudukan playoff Divisi Merah Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018 menjadi 1-1.

Dengan demikian, playoff Divisi Merah berlanjut ke pertandingan penentu yang masih akan digelar Senin (5/3) di GOR C-Tra Arena, Bandung. Sebelumnya di pertandingan playoff pertama, Jumat (2/3), Hangtuah sukses mengalahkan Garuda Bandung 76-74.

Dikutip dari laman resmi IBL di Jakarta, Sabtu (3/3), pelatih Garuda Bandung Andre Yuwadi menyatakan kemenangan bisa diraih karena ketenangan timnya.

"Meski sedikit tidak konsisten, anak-anak menjalankan rencana bermain hasil evaluasi kekalahan sebelumnya," ujar Andre.

Dia melanjutkan, para pemainnya menunjukkan performa apik di partai tersebut.

Salah satu yang mendapatkan perhatiannya adalah aksi Pandu Wiguna yang melakukan blok penting atas usaha tembakan dua angka Nahshon George di 30 detik terakhir kuarter keempat ketika Garuda sedang unggul tipis 71-67.

"Semua pemain dalam kondisi siap diturunkan untuk laga tersebut," tutur Andre.

Sementara terkait kondisi center impor Garuda Roderick Flemings yang cedera dan harus keluar di kuarter keempat, Andre mengatakan timnya akan memeriksanya.

"Namun ada atau tidak ada Flemings, kami tetap akan mati-matian di gim ketiga," kata dia.

Sementara pelatih Hangtuah Sumsel Andika Saputra belum mau berandai Roderick Flemings, yang di IBL 2017-2018 sudah mencetak rata-rata 12 poin, 10 rebound dan dua assist per-gim untuk Garuda Bandung, absen.

Menurut Andika, Hangtuah mewaspadai Garuda Bandung sebagai sebuah tim dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan pada pertandingan playoff keduanya.

"Kami memulai laga dengan jelek. Saat mengejar ketinggalan pun anak anak terburu buru," ujar Andika.

Adapun dalam laga tersebut, guard asal Amerika Serikat Gary Jacobs menjadi pencetak angka terbanyak bagi Garuda Bandung dengan membuat 26 poin, sembilan rebound dan empat assist.

Sementara di kubu Hangtuah, Keenan Palmore menjadi penampil terbaik dengan membuat 27 poin, 11 rebound dan dua assist.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018