Liverpool (ANTARA News) - Juru taktik Liverpool, Juergen Klopp, menyatakan Mohamed Salah layak menjadi pemain terbaik Liga Inggris musim ini berkat penampilan konsisten dan produktifitas mencetak 32 gol sepanjang musim ini.

Klopp mengatakan, di Liga Inggris musim ini bertebaran banyak pemain bagus yang layak mendapatkan predikat pesepakbola terbaik, termasuk gelandang City Kevin de Bruyne dan striker Tottenham Harry Kane.

"Tidak ada keraguan Kevin de Bruyne memainkan musim yang bagus, tidak ada keraguan juga bahwa Mo Salah yang benar-benar bagus. Tidak hanya dia, ada beberapa pemain lagi," kata Klopp dilansir laman resmi Liverpool seusai kemenangan 2-0 atas Newcastle, Minggu dini hari WIB.

"Beberapa orang akan mengatakan Harry Kane tidak terlalu buruk dan Roberto Firmino juga tidak jelek. David Silva memiliki alasan pribadi untuk tidak bisa bermain, tapi dia memainkan musim yang luar biasa," kata pelatih asal Jerman itu.

"Ada beberapa pemain bagus musim ini di Liga Premier dan pastinya saya lupa beberapa," cetus dia.

(Baca: Gulung Newcastle 2-0, Liverpool geser Manchester United di posisi dua )

Klopp mengaku tidak pernah menyangka bahwa Mohamed Salah yang awalnya berposisi sebagai pemain tengah atau sayap saat memperkuat AS Roma mampu menjadi mesin gol untuk Liverpool.

"Saya tidak memiliki angka dalam pikiran saya (saat merekrutnya). Kami tahu dia pemain tengah yang sangat ofensif, jika Anda menginginkannya maka Anda memerlukan gol dari pemain seperti ini dan Anda ingin mereka mencetak gol," katanya.

Lebih lanjut, Klopp menyukai Salah bukan semata karena produktivitas golnya, melainkan karena umpan-umpan dan kebugaran fisik yang membuat pemain Mesir itu bisa diandalkan Liverpool.

Kendati demikian, Klopp tidak mau memuji Salah setinggi langit. Ia juga memberikan sanjungan pada pemain lain yang memudahkan kerja Salah di lapangan.

"Semua pemain juga penting, sama pentingnya bagi kami. Kami bermain bersama, dia (Salah) membutuhkan umpan, dia tidak bisa mendapatkan bola di lini tengah lalu berlari sendirian ke kotak penalti," pungkas Klopp.

Liverpool untuk sementara menempati urutan kedua dalam klasemen Liga Inggris setelah menekuk Newcastle 2-0.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018