Jakarta (ANTARA News) - Selain Tom Yam dan Mango Sticky Rice, Thailand memiliki kudapan khas yang biasa dijadikan makanan penutup. Namanya, Khanom Bueang.

Khanom, yang artinya kue, dan Bueang, nama kue itu sendiri, terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan adonan asli Thailand bernama phundeng yang memiliki isian manis atau asin.

Cara membuatnya sederhana saja. Tepung beras dicairkan dengan air dan phundeng, kemudian dituangkan di atas wajan datar, seperti membuat kulit risol, setelah itu olesi semacam krim manis, lalu diisi aneka isian, seperti kelapa dan putih telur yang sudah diracik. Terakhir, dilipat.

“Kue ini hanya ada di beberapa pasar tradisional Thailand, tidak di pinggir jalan. Karena ini kue tradisional,” kata  Deviana, Marketing Officer Tourism Authority of Thailand, di Astindo Fair 2018, Jakarta, Minggu.

Menurutnya, beberapa makanan khas Thailand sudah dikenal masyarakat Indonesia. Khanom Bueang disebutnya akan kian memperkaya referensi jajanan khas Negeri Gajah Putih di Indonesia.

Pada booth di Astindo Fair itu Thailand juga menghadirkan Pa Sa Thai Machine, yang menantang para pengunjung untuk berbahasa Thailand dalam mendapatkan sejumlah hadiah jika bahasa yang ditirukannya mirip dengan yang diucapkan mesin itu.

Baca juga: Sebelum ke Jepang, pakai VR dulu di Astindo Travel Fair

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018