Amsterdam (ANTARA News) - Gelandang Wesley Sneijder mengakhiri karir sepak bolanya bersama Tim Nasional Belanda dengan mengumumkan pensiun dari sepak bola internasional hari ini.

Keputusan ini diambil setelah berdiskusi dengan pelatih baru Timnas Belanda Ronald Koeman yang pergi ke Qatar untuk menemui dia, kata asosiasi sepak bola Belanda KNVB seperti dikutip Reuters.

"Wesley adalah salah satu pemain internasional Belanda yang terbaik tahun-tahun belakangan ini, pemain yang hebat dengan karakter yang hebat. Tetapi saya ingin membangun tim baru dan untuk itu harus mengambil pilihan," kata Koeman.

Sneijder yang berusia 33 tahun mengatakan bahwa dia sudah tahu karir internasionalnya akan berakhir begitu meninggalkan Nice Januari lalu demi Al Gharafa di Qatar.

"Di atas itu semua saya memahami Koeman ingin mengawali era baru dengan pemain lebih muda dan lebih baru. Kami membahas soal ini secara terbuka dalam diskusi yang bersahabat dan saya menghormati keputusan dia," kata Sneijder.

Baca juga: Ronald Koeman tangani timnas Belanda

KNVB mengaku akan mempertimbangkan Sneijder masuk struktur kepelatihan timnas begitu dia pensiun menjadi pemain.

Juni tahun lalu Sneijder mencatat rekor baru sebagai pemain yang paling sering membela Belanda dengan 131 kali bermain untuk timnas di mana terakhir kali bermain untuk timnas saat Belanda menang 3-0 dalam pertandingan persahabatan melawan Rumania, November tahun silam.

Dia melakukan debut bersama timnas pada 2003 dan menjadi salah seorang yang mengantarkan Belanda menjadi runner-up Piala Dunia Afrika Selatan 2010.

Baca juga: Liga Qatar jadi pelabuhan teranyar Sneijder

 

Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018