Jakarta (ANTARA News) - Film "Call Me By Your Name" mendapat piala Oscar 2018 untuk Skenario Adaptasi Terbaik dalam acara Academy Award ke-90 yang berlangsung di Hollywood, Amerika Serikat, Minggu waktu setempat.

James Ivory, penulis skenario film berusia 89 tahun, naik ke panggung mengenakan setelah jas dengan kemeja putih berhias wajah aktor Timothee Chalamet, yang  jadi pusat perhatian di karpet merah menurut siaran Variety.

Kemenangan itu membuat Ivory mencetak sejarah di Oscar sebagai pemenang Academy Award tertua sepanjang masa.

Menurut siaran ET Online, penyelenggara Oscar hanya mencatat data usia pemenang untuk kategori akting dan sutradara, di mana rekornya dipegang oleh Christopher Plummer yang berusia 82 tahun ketika mendapat penghargaan sebagai Aktor Pendukung Terbaik pada 2012.

Rekor pemenang Oscar tertua sepanjang masa sebelumnya adalah komposer Ennio Morricone, yang berusia 87 tahun saat mendapatkan penghargaan untuk "The Hateful Eight" pada 2016. 

Ivory yang tahun ini berusia 89 tahun sebelumnya tiga kali masuk nominasi penerima Oscar sebagai sutradara terbaik dalam "A Room with a View" (1987), "Howards Ends" (1993) dan "The Remains of the Day" (1994). 

Tahun ini dia telah meraih beberapa penghargaan, termasuk BAFTA 2018 dan Critics' Choice Award.

"Call Me by Your Name" mendapatkan empat nominasi Academy Award, termasuk untuk Film Terbaik, Aktor Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik dan Lagu Asli Terbaik.

Sementara penghargaan skenario asli terbaik jatuh pada Jordan Peele untuk film "Get Out". Jordan adalah orang ketiga dalam 90  tahun terakhir yang mendapat nominasi untuk menyutradari, menulis dan memproduksi film pertamanya.

 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018