Makassar (ANTARA News) - PT Persaudaraan Sepak Bola Makassar (PSM) yang menaungi tim "Juku Eja" fokus memenuhi persyaratan sistem pencahayaan atau lampu penerangan Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulsel, sebagai salah satu poin untuk lolos verifikasi.

CEO PT PSM, Munafri Arifuddin di Makassar, Senin, mengatakan pihaknya berharap dengan adanya pengerjaan pemasangan semua lampu akan memenuhi persyaratan 800 lux yang dibebankan Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 musim 2018.

"Kita akan menambah dengan jenis lampu yang berbeda supaya luxnya terkejar. Saat ini sebanyak 17 lampu yang mati total dan banyak yang redup dan tentu menurunkan kapasitas pencahayaan," katanya.

Ia menjelaskan, jika sesuai prediksi maka mungkin saja kurang lebih 80-100 bohlam yang harus diganti. Dengan pergantian bola lampu yang begitu banyak maka tentu harus diikuti pula degan pergantian dan sistem kelistrikan yang juga harus menunjang.

"Sistem kelistrikan sangat tergantung bisa dari awal benar. Tetapi dalam perjalanan kena cuaca dan sebagainya bisa berubah. Ini harus diurus lebih cepat," ujarnya.

Pihaknya berharap 10 hari kedepan sudah bisa dirampungkan. Apalagi pihaknya akan lebih dulu melakukan sejumlah uji coba untuk melihat apakah kapasitas pencahayaan sudah maksimal dan memenuhi persyaratan sebanyak 800 lux.

"Kita juga akan tambah dudukan. Mau lihat kekuatan tower, dan rencana lampu juga yang berada di bagian atasnya juga akan dirombak," jelasnya.

Sebelumnya, Stadion Gelora Andi Mattalatta atau dikenal dengan Stadion Mattoangin, Makassar, Sulawesi Selatan, terancam tidak lolos verifikasi untuk digunakan pada Liga 1 musim depan. Stadion yang selama ini menjadi kandang PSM saat menjamu lawan-lawannya ini memiliki beberapa kekurangan.

Perwakilan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sekaligus tim verifikasi, Surya Binangan, mengakui masih ada beberapa hal yang menjadi pekerjaan rumah bagi manajemen PSM. Beberahpa kekuarang itu harus segera diperbaiki agar bisa memenuhi standar yang ditetapkan.

Khusus terkait pencahayaan, berdasarkan aturan maka lampu stadion harus mencapai sebesar 800 lux agar bisa dinyatakan lolos dan dapat digunakan untuk pertandingan musim ini.

"Untuk hasil (tinjauan), kami serahkan ke pusat. Kami hanya verifiksasi dan melaporkan apa yang kita lihat dilapangan kemudian disampaikan ke pusat," sebut dia saat melakukan verifikasi stadion beberapa waktu lalu.

(T.KR-AKR/B/D011/D011) 05-03-2018 21:33:10

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018