Kawanan monyet serbu permukiman warga Sekarwangi, Sukabumi

Kawanan monyet serbu permukiman warga Sekarwangi, Sukabumi

Arsip Foto. Monyet ekor panjang di jalanan lintas tinggi Gayo, Aceh Tengah, Provinsi Aceh. (ANTARA FOTO/Rahmad)

Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA News) - Sekawanan monyet menyerbu permukiman warga Kampung Sekarwangi di Kabupaten Sukabumi, merusak benda-benda yang mereka temukan berada di luar seperti paralon air dan parabola.

"Ada sekitar delapan ekor monyet yang menyerang permukiman warga di RT 01, RW 08, Kelurahan/Kecamatan Cibadak tersebut," karta tokoh masyarakat setempat, Pardi Supardi, Selasa.

Kawanan monyet yang diduga masuk ke permukiman warga karena kelaparan itu, menurut dia, membuat warga ketakutan karena beberapa di antaranya masuk ke dalam rumah dan merusak perlengkapan rumah.

"Biasanya monyet ini muncul pada pagi dan sore untuk mencari makanan. Awalnya pada 2017 hanya ada satu monyet yang berkeliaran tetapi sekarang sudah bertambah banyak," tambah Pardi.

Warga lainnya, Asep Parizal, mengaku sudah menghubungi rekannya yang bekerja di Balai Konservasi Sumber Daya Alam dan menyampaikan informasi mengenai kedatangan monyet-monyet itu. Warga pun sudah melaporkannya ke kepolisian setempat.

"Monyet ini mungkin turun ke permukiman warga karena lapar. Tapi kami meminta kepada instansi terkait untuk memindahkan monyet tersebut ke habitat lain yang lebih layak, karena warga khawatir diserang," kata Asep.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar