Waspada peningkatan cuaca ekstrem 7-10 Maret

Waspada peningkatan  cuaca ekstrem 7-10 Maret

Arsip - Awan tebal menggelayut di langit diatas Gedung Kawasan Jakarta Pusat, Jakarta.BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat pada 7-10 Maret 2018 di sejumlah daerah di Indonesia. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat beberapa hari ke depan yaitu pada 7-10 Maret 2018 di sejumlah daerah.

"Hal ini ditunjukkan kondisi atmosfer yang diindikasikan mengalami peningkatan hingga beberapa hari ke depan," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG R Mulyono Rahadi Prabowo dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan, kondisi tersebut ditandai dan terdeteksi adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut diperkirakan mengakibatkan potensi hujan dengan intensitas lebat terjadi di beberapa wilayah Indonesia, antara lain Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat.

Termasuk juga di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku serta Papua Barat.

Dengan adanya situasi potensi cuaca ekstrem tersebut, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor

Serta waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh dan tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir.

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar