Iran-KPK kerja sama pemberantasan korupsi

Iran-KPK kerja sama pemberantasan korupsi

Dubes Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammadi memasuki mobil ketika meninggalkan gedung KPK seusai melakukan pertemuan dengan KPK di Jakarta, Rabu (7/3/2018). Kedatangan Dubes Iran beserta rombongan tersebut dalam rangka kerjasama pemberantasan korupsi. (ANTARA /Wahyu Putro A)

Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi dan beberapa pejabat parlemen Iran mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Rabu untuk menemui pimpinan KPK terkait peningkatan kerja sama pemberantasan korupsi.

"Hari ini, KPK menerima kunjungan dari Dubes dan Parlemen Iran. Pimpinan KPK direncanakan akan menerima," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dalam setiap upaya pemberantasan korupsi yang bersifat lintas negara tentu kerja sama internasional sangat penting dilakukan.

Selama ini, kata dia, KPK telah melakukan sejumlah kerja sama dengan Iran seperti nota kesepahaman atau MoU KPK dengan General Inspection Organization (GIO) Iran pada 2007.

Selain itu, Febri menyatakan bahwa kerja sama Indonesia dan Iran juga dilakukan dalam forum United Nations Convention against Corruption (UNCAC) dan juga melibatkan GIO Iran dalam Konferensi Lembaga Pengawas Internal pada 2009.

Menurut dia, ke depan tentu dapat dilakukan penguatan kerja sama seperti pertukaran informasi dan sharing pembelajaran keberhasilan atau lesson learned and best practice program pemberantasan korupsi Indonesia dan Iran.

"Serta pelatihan-pelatihan yang nanti akan dilakukan KPK lebih fokus melalui "Anticoruption Learning Center" atau ACLC," ungkap Febri.

Baca juga: Dubes Iran temui Menkopolhukam bahas penanganan terorisme

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Dubes Iran paparkan langkah setelah wamenkesnya terjangkit Covid-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar