Batang, 7/3 (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono menegaskan bahwa ruas jalan Tol Batang-Pemalang dan Batang-Semarang dapat difungsionalkan sebagai jalur untuk arus mudik Lebaran 2018.

"Jika pada Lebaran 2017 ruas jalan tol Batang-Pemalang dan Batang-Semarang diberlakukan sebagai jalur darurat. Akan tetapi pada Mei 2018, jalan tol ini dapat difungsionalkan," kata Basuki di Batang, Rabu.

Menurut dia, saat ini progres pembangunan jalur Tol Batang-Pemalang sudah mencapai 64 persen dan Batang-Semarang 69 persen sehingga jalur bebas hambatan tersebut dapat difungsionalkan sebagai jalur arus mudik Lebaran 2018.

"Insya Allah, ruas jalan tol itu dapat difungsionalkan sebelum Lebaran 2018," katanya.

Kendati demikian, Basuki Hadimulyono mengaku proses pembangunan jalan tol tersebut masih menghadapi kendala (progres pembangunan jembatan) Sungai Kalikuto Weleri yang menghubungkan Kabupaten Batang dengan Kendal.

"Khusus Seksi Batang, progres pembangunanya sudah mencapai 89 persen," katanya.

Ia mengatakan masalah yang dihadapi dalam proses pembangunan jalan tol itu juga terjadi di Ngaliyan Semarang terkait dengan proses pembebasan lahan milik warga.

"Di Semarang masih terjadi permasalahan di Ngaliyan yaitu pembebasan lahan seperti yang terjadi di Solo," katanya.



(U.KR-KTD/B/A039/A039) 07-03-2018 15:29:23

Pewarta: Kutnadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018