New York (ANTARA News) - Bursa saham Wall Street berakhir bervariasi pada perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), di tengah perdebatan tarif yang sedang berlangsung di Amerika Serikat.

Indeks Dow Jones Industrial Average kehilangan 82,76 poin atau 0,33 persen menjadi ditutup pada 24.801,36 poin. Indeks S&P 500 mengalami penurunan 1,32 poin atau 0,05 persen menjadi berakhir di 2.726,80 poin. Sementara itu, Indeks Komposit Nasdaq ditutup naik 24,64 poin atau 0,33 persen menjadi 7.396,65 poin.

Pasar ekuitas AS mengurangi beberapa kerugian pada akhir perdagangan Rabu (7/3) setelah Gedung Putih mengisyaratkan Kanada dan Meksiko dapat dibebaskan dari rencana tarif yang diajukan oleh Presiden AS Donald Trump. Trump diperkirakan akan merilis rincian lebih lanjut mengenai tarifnya akhir pekan ini.

Pasar saham berada di bawah tekanan pada awal sesi karena Kepala Penasihat Ekonomi Trump Gary Cohn mengundurkan diri dari jabatannya. Cohn, seorang "globalis" di dalam Gedung Putih, telah melakukan upaya terakhir untuk menghentikan rencana tarif baru Trump pada baja dan aluminium.

Para analis mengatakan Cohn yang dipandang sebagai benteng pertahanan terhadap kekuatan proteksionis di pemerintah, kalah dalam pertarungan atas rencana Trump untuk pengenaan tarif impor yang besar pada baja dan aluminium.

Kepergiannya menimbulkan kekhawatiran tentang potensi perang dagang dalam waktu dekat.

Di bidang ekonomi, lapangan kerja sektor swasta AS menambahkan 235.000 pekerjaan pada bulan lalu, menurut Laporan Ketenagakerjaan Nasional ADP pada Rabu (7/3), mengalahkan ekspektasi pasar.

Laporan tersebut secara luas dilihat sebagai pratinjau laporan pekerjaan bulanan Departemen Tenaga Kerja AS, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada Jumat (9/3).

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018