Vettel catatkan waktu tercepat pada uji Formula 1

Vettel catatkan waktu tercepat pada uji Formula 1

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, beraksi dalam sesi latihan bebas pertama (FP1) ajang Formula One (F1) seri Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka, Jepang, Jumat (6/10/2017). (twitter.com/f1)

Barcelona (ANTARA News) - Pebalap Ferrari Sebastian Vettel mengukir catatan bagus pada tes pramusim Formula 1 pada Kamis, dengan mencatatkan waktu putaran tercepat di Circuit de Catalunya, Barcelona.

Kesempatan selanjutnya bagi juara dunia empat kali ini untuk berada di belakang setir adalah pada latihan Jumat di Albert Park, Melbourne, pada 23 Maret.

"Catatan waktu pada hari-hari tes ini tidak berarti banyak," kata pebalap Jerman itu, mengecilkan catatan waktu satu menit 17,182 detik, yang diukir dengan menggunakan ban-ban "hypersoft" yang baru.

"Hal yang penting adalah bahwa (mobil) SF17H terbukti sangat kuat, membuat kami dapat melaju sepanjang hari tanpa masalah-masalah signifikan."

"Kami masih mengerjakan beberapa hal untuk balapan pertama dan benar-benar tidak mungkin untuk membuat prediksi berdasarkan performa tim-tim lain, karena semuanya menjalankan program yang berbeda," tambahnya.

Catatan waktu Vettel lebih cepat satu detik dibanding yang lain dan melampaui catatan terbaik sebelumnya, sejak sirkuit Barcelona dikonfigurasi ulang pada 2007, yakni catatan 1:18,047 yang diukir pada Rabu oleh pebalap Red Bull asal Australia Daniel Ricciardo.

Baik Red Bull atau juara bertahan Mercedes tidak fokus pada catatan waktu lap, di mana mereka lebih berkonsentrasi pada simulasi-simulasi balap, dan Mercedes tidak merasa perlu untuk mencoba ban "hypersoft."

Harapan-harapan umum diarahkan terhadap pertarungan yang lebih ketat di depan pada musim ini, di mana Mercedes terlihat masih unggul tapi tidak banyak.

Semua tim melakukan lebih dari 100 lap, di mana Vettel juga menyelesaikan simulasi balap dan melakukan 188 lap -- jumlah lap terbanyak dari pebalap manapun dan unggul satu lap lebih banyak dari pebalap Red Bull asal Belanda Max Verstappen.

Pebalap Jerman itu, yang merupakan runner up pada musim lalu di bawah pebalap Britania Lewis Hamilton, kini memberikan posisinya kepada rekan setimnya Kimi Raikkonen untuk hari terakhir.

Pebalap Denmark Kevin Magnussen merupakan pebalap tercepat peringkat kedua dengan ban supersoft, dengan catatan waktu 1:18,360, sedangkan pebalap Prancis Pierre Gasly menduduki urutan ketiga pada daftar catatan waktu bagi tim Toro Rosso yang menggunakan mesin Honda dan menyelesaikan 169 lap.

McLaren melupakan dua hari penuh masalah dengan 151 lap untuk pebalap Belgia Stoffel Vandoorne, yang menduduki urutan keenam dalam daftar catatan waktu. Rekan setimnya Fernando Alonso mengambil alih untuk hari terakhir.

"Hari ini sangat produktif dan ini memberi kami kepercayaan diri untuk pergi ke Melbourne dengan paket yang kuat," kata Vandoorne.

Hamilton dan rekan setimnya Valtteri Bottas berbagi Mercedes, di maan sang juara bertahan menyelesaikan 84 lap dan pebalap Finlandia menambahi 97 lap.

"Pekan kami sejauh ini sangat produktif. Kami melalui apapun yang kami perlukan, reliabilitasnya fantastis dan mobil terasa hebat," kata Hamilton.

"Kami tidak bekeja dengan seimbang, namun dalam beberapa isu yang kami miliki tahun lalu, banyak di antara mereka terlihat telah dicopot."

Red Bull mengatakan mereka tidak "mengejar catatan waktu lap" karena mereka telah memiliki data yang mereka perlukan pada ban paling lunak dari Ricciardo pada Rabu.

"Fokus bagi kami pada hari ini adalah laju-laju panjang dan perasaan bahwa mobilnya bagus," kata Verstappen. "Tidak masalah dengan mobil dan saya senang dengan kecepatannya... Jika ini tidak akan terlalu bagus, kami akan harus melihat dan menunggu," demikian Reuters.

(H-RF)

Pewarta:
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar