Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan pengaturan lalu lintas selama penataan trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin supaya pekerjaan itu tidak sampai menimbulkan kemacetan.

"Selama berlangsungnya pekerjaan penataan trotoar Sudirman-Thamrin, kami akan melakukan rekayasa lalu lintas," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Jakarta, Jumat.

"Setiap kali ada pengerjaan proyek-proyek fisik pasti membutuhkan dukungan berupa pengaturan lalu lintas, termasuk saat pengerjaan penataan trotoar itu nanti," ujar Sigit.

Dinas Perhubungan, dia menuturkan, juga akan melakukan koordinasi dengan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta terkait pagar proyek MRT yang berada di sepanjang kawasan trotoar tersebut untuk memberikan ruang tambahan bagi pengguna jalan.

"Kami akan meminta kepada PT MRT Jakarta supaya membuka pagar proyek yang sudah selesai, karena pengaturan lalu lintas itu membutuhkan ruang tambahan," tutur Sigit.

Sigit menjelaskan pula bahwa dinas menyampaikan usulan desain jalur angkutan umum yang representatif di sepanjang kawasan penataan trotoar itu.

"Dalam usulan tersebut, kami akan menyesuaikan jumlah jalurnya. Kemudian, kami juga akan menentukan titik-titik pemberhentian bus," ungkap Sigit.
 

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018