Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Fakhri Husaini menyebut kecepatan pemain menjadi kunci kemenangan skuatnya atas Kamboja dengan skor 5-0 di laga terakhirnya di Grup B Turnamen Jenesys 2018 di Jepang, Jumat.

Kemenangan itupun menjadi yang kedua beruntun Indonesia di Grup B dan membuat timnas U-16 berhasil melaju ke semifinal kompetisi yang diikuti 12 negara tersebut.

"Di babak pertama kami menguasai pertandingan, tetapi di paruh kedua lawan bertahan degan baik dan bermain kompak. Itu menyulitkan, tetapi kami berhasil membongkarnya dengan kecepatan dua pemain sayap," ujar Fakhri dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Jumat.

Timnas U-16 memang kembali mengulang penampilan apik di laga kontra Kamboja usai menaklukkan Filipina dengan skor 7-1 di pertandingan perdana Grup B, Kamis (8/3).

Meski tak ada jeda hari setelah partai sebelumnya, tim berjuluk Garuda Asia itu tetap bermain cepat dan langsung mencetak gol ke gawang Kamboja di menit kedua melalui penyerang Sutan Zico.

Pemain sayap Hamsa Lestaluhu kemudian menambah keunggulan Indonesia di menit ke-30 dan membuat skor menjadi 2-0 sampai babak pertama berakhir.

Penyerang sayap lainnya Mochammad Supriadi kemudian mencetak dua gol tambahan untuk Indonesia di paruh kedua laga masing-masing di menit ke-71 dan ke-73.

Di menit ke-78, Hamsa Lestaluhu menjadikan skor 5-0 lewat gol keduanya yang bertahan hingga pertandingan usai.

"Ini adalah kemenangan tim. Gol-gol dari para pencetak gol itu tidak mungkin terjadi tanpa bantuan dari rekan-rekan yang lain. Saya melihat koordinasi dan komunikasi antarpemain terus berkembang baik," tutur Fakhri.

Di semifinal, timnas U-16 akan menghadapi tuan rumah Jepang yang menjadi juara Grup A. Di penyisihan grup, Jepang menaklukkan Timor Leste 22-0 dan Malaysia 2-1.

Turnamen Jenesys ((Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths) 2018 diikuti 12 negara yaitu tuan rumah Jepang dan 11 negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Myanmar, Malaysia, Filipina, Kamboja, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos dan Timor Leste.

Timnas U-16 Indonesia sendiri menganggap Turnamen Jenesys sebagai pemanasan sebelum berlaga di dua turnamen penting pada tahun 2018 yaitu Piala AFF U-16 2018 di tanggal 30 Juli-1 Agustus 2018 di mana Indonesia sebagai tuan rumah dan Piala Asia U-16 2018 digelar di Malaysia tanggal 20-30 September 2018.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018