Jakarta (ANTARA News) -Presiden Vietnam Tran Dai Quang berbicara baru-baru ini di sela lawatannya di India dengan para politisi, profesor, peneliti, ilmuwan, dan mahasiswa di Nehru Memorial Museum & Library, tempat yang menyimpan peninggalan bersejarah kehidupan dan karya Jawaharlal Nehru.

Nehru, pemimpin besar yang seluruh hidupnya dikhususkan untuk kebebasan dan kemerdekaan India, kedamaian dan persahabatan antar bangsa-bangsa adalah teman baik bagi Presiden Ho Chi Minh dan rakyat Vietnam.

Selama dua dekade pertama abad ke-21 para pemimpin Vietnam dan India telah menyaksikan banyak perubahan yang cepat, mendalam, dan komprehensif. Salah satu yang paling dramatis dan inspiratif dari semuanya adalah bangkitnya Asia.

100 tahun lalu, sebagian besar benua, India dan Vietnam termasuk dua negara yang di dalamnya, terbelenggu dalam kegelapan panjang kolonialisme, perang, dan keterbelakangan. Hanya sedikit yang bisa membayangkan bahwa satu abad dari hari-hari gelap itu, Asia akan bangkit menjadi pusat geo-politik, geo-ekonomi, dan budaya dunia. Hampir setiap ramalan global hari ini menyetujui satu hal: abad ini adalah Abad Asia.

Hanya dalam beberapa dekade dunia telah menyaksikan keajaiban India, China, Jepang, Republik Korea, dan negara-negara ASEAN. Suatu kebetulan yang menakjubkan bahwa semua keajaiban ini telah terkumpul di sekitar Samudra Hindia dan Asia-Pasifik.

Seiring dengan globalisasi dan regionalisasi, tren keterkaitan dan integrasi, dan dampak revolusi sains dan teknologi, dalam beberapa tahun terakhir telah banyak dihasilkan gagasan jangka panjang, inisiatif, dan strategi untuk kerja sama yang saling terkait, regional dan global.

Misalnya, Kesepakatan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional antara ASEAN dan enam mitranya; Kebijakan "Act East" India; Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan China; Strategi Indo-Pasifik Jepang yang Bebas dan Terbuka; Visi Indo-Pasifik "Terbuka Amerika Serikat"; dan, yang terakhir, pembentukan Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik, bergabung dengan 11 negara di kedua sisi Pasifik.

Semua usaha ini meningkatkan status dan daya tarik wilayah tersebut ke tingkat baru yang belum pernah terlihat sebelumnya dalam sejarah. Jika semua hal tersebut sampai pada hasil sesuai dengan pernyataan para pendiri mereka, terlihat penciptaan ruang keamanan dan pembangunan baru, yang terdiri atas Samudera Hindia, Asia dan Pasifik, yang selanjutnya disebut Indo-Asia-Pasifik.

Hubungan ekonomi, politik, dan budaya yang semakin dekat antara Asia Pasifik dan Samudra Hindia akan menciptakan pendorong baru untuk pertumbuhan dan membantu mengubah Abad Asia ke dalam Abad Indo-Asia-Pasifik.

Akibatnya, India dan Vietnam harus menjadi bagian dari masyarakat luas yang menyumbang 60 persen dari luas daratan Bumi, 50 persen populasi dunia, dan pangsa yang lebih besar dari PDB global, perdagangan, investasi, dan kapasitas untuk inovasi. ASEAN dan India akan menjadi pusat integrasi dengan peran penting dalam pembangunan masa depan di kawasan ini.

Prestasi dekade yang lalu di Indo-Asia-Pasifik memberikan landasan kuat untuk lebih memperkuat dan mendorong persahabatan dan kerja sama antarnegara baik di dalam maupun di luar kawasan, sehingga memungkinkan keduanya memberikan kontribusi lebih besar kepada umat manusia.

Tantangan
Namun, wilayah tempat dua negara itu berada juga menghadapi tantangan yang saling terkait. Selain menjadi titik konvergensi dari banyak inisiatif untuk integrasi dan kerja sama, Indo-Asia-Pasifik juga merupakan teater inti dalam persaingan untuk mendapatkan kekuasaan dan pengaruh di antara kekuatan-kekuatan utama.

Selanjutnya, isu meliputi daerah "hot spot"; konflik bersenjata; tanah, laut, dan sengketa kedaulatan pulau; sumber daya alam yang diperebutkan; terorisme internasional dan kejahatan transnasional; dan pencemaran lingkungan dan perubahan iklim antara lain, semuanya berkembang pada lingkup, frekuensi, dan tingkat yang lebih besar, dengan karakteristik yang lebih serius.

Masih ada perbedaan mencolok antara kerja sama dan persaingan, antara moderasi dan ekstremisme, antara keterbukaan dan keterasingan, antara liberalisme dan proteksionisme, antara pembangunan dan stagnasi, antara kemerdekaan dan ketergantungan, antara kesatuan dan pembagian. Keinginan untuk perdamaian, stabilitas, kerja sama, dan pembangunan di Indo-Asia-Pasifik masih harus direalisasikan.

Apakah abad ini akan menjadi Indo-Asia-Pacific Century? Apakah wilayah ini benar-benar menjadi pusat penghubung sumber daya dan harmonisasi kepentingan untuk pembangunan berkelanjutan, lebih dinamis, dan lebih berkelanjutan?

Visi bersama
Presiden Vietnam itu menyatakan aspirasi ini hanya akan terwujud bila semua negara memiliki visi bersama untuk wilayah terbuka dan berbasis peraturan, dan kepentingan bersama dalam menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran inklusif, dimana tidak ada negara, dan tidak ada kelompok yang akan menjadi tertinggal.

"Aspirasi ini hanya akan menjadi kenyataan ketika semua negara bergabung bersama dalam upaya melindungi kebebasan navigasi dan perdagangan yang tidak terganggu dan tidak membiarkan Indo-Asia-Pasifik dibebani ke dalam lingkup pengaruh yang dimanipulasi oleh politik kekuasaan, yang terhambat oleh proteksionisme, atau dibagi oleh nasionalisme sempit," katanya.

Aspirasi ini hanya akan menjadi kenyataan ketika negara-negara berdampingan membangun ruang bersama untuk koeksistensi dan pembangunan dengan keyakinan bahwa Indo-Asia-Pasifik cukup luas bagi setiap negara untuk berkembang dan sejahtera.

Dikatakan, aspirasi ini hanya akan menjadi kenyataan ketika semua negara berusaha untuk membangun mekanisme yang efektif menjaga perdamaian, stabilitas, dan peraturan hukum, sehingga menjamin keamanan bersama, mencegah konflik dan perang, dan secara efektif mengatasi tantangan keamanan baik tradisional maupun nontradisional.

Secara geografis, India dan ASEAN terletak di jantung Indo-Asia-Pasifik. Secara historis, selama 20 abad terakhir, masyarakat India dan Asia Tenggara berkumpul mengikuti nilai-nilai perdamaian, humanisme, dan persaudaraan. Saat ini, India ditandai oleh pembangunan yang cepat dan berkelanjutan yang memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di wilayah ini.

ASEAN merupakan organisasi yang tangguh, bersatu, kohesif, terintegrasi, dan terbuka dalam kerja sama, memainkan peran yang meluas di wilayah ini. Ini bekerja sama sebagai komponen terpenting dalam perdamaian, kerja sama, dan pembangunan di wilayah ini secara keseluruhan. Di sinilah letak kepentingan bersama dan visi bersama kita, yang sejalan dengan jalan menuju pembangunan dan status dan pertumbuhan yang terus tumbuh baik dari India maupun ASEAN di kancah internasional.

Menurut Presiden Tran, untuk alasan ini, ASEAN memiliki keyakinan dan harapan yang kuat dalam pertumbuhan India yang kuat, sebuah kekuatan yang sangat menyadari tanggung jawab dan tugasnya terhadap masyarakat internasional. India akan menjadi tiang pembangunan baru, mesin penting untuk perdamaian, kemakmuran, dan integrasi baik di Indo-Asia-Pasifik dan dunia pada umumnya.

Dia mengucapkan terima kasih, dan sangat menghargai pernyataan Perdana Menteri Narendra Modi di KTT ASEAN-India pada November tahun lalu: bahwa kebijakan "Act East" India "dibentuk di seputar ASEAN, dan sentralitasnya di regional arsitektur keamanan wilayah Indo-Pasifik ".

Dengan kebijakan ini, India telah berupaya untuk menempa hubungan substantif, terlibat dalam integrasi ekonomi dan politik yang lebih dalam, dan mendorong hubungan antarindividu di negara-negara ASEAN. Jelas bahwa hanya melalui konektivitas yang semakin dekat di bidang infrastruktur, perdagangan dan investasi, budaya, pendidikan dan pelatihan, dan sains dan teknologi, dan banyak bidang lainnya dapatkah India dan ASEAN memperkuat kekuatan mereka, membangun bersama mengenai peran dan status mereka sehingga dapat membangun ruang pembangunan bersama untuk perdamaian, stabilitas, kerja sama, dan pembangunan.

Hubungan bilateral
Vietnam-India merayakan hubungan diplomatik ke-45 tahun, namun hubungan erat antara kedua negara dan masyarakatnya telah ada selama ribuan tahun. Hubungan semacam itu tidak hanya berasal dari kepentingan bersama tetapi juga dari nilai budaya yang mendalam dan abadi yang keduanya bagi.

Saat ini, di dunia yang berubah dengan cepat, persahabatan tradisional dan setia antara kedua negara dan bangsa tidak hanya tetap benar tapi juga bahkan berkembang. PM Narendra Modi telah menekankan bahwa Vietnam adalah prioritas utama dalam upaya memperkuat hubungan India dengan Asia Pasifik. Seperti yang terlihat dari kebijakan luar negeri Vietnam, India selalu menjadi salah satu mitra terpenting.

Tepat 60 tahun lalu saat berkunjung ke India, Presiden Ho Chi Minh menegaskan bahwa "India adalah negara yang independen dan kuat yang telah membuat banyak kontribusi tak ternilai bagi perdamaian di Asia dan dunia".

?Pernyataan ini tetap relevan sampai sekarang. Kami senang untuk dicatat bahwa dalam beberapa tahun terakhir kenaikan India telah dikaitkan erat dengan kemakmuran dan kemakmuran Asia secara keseluruhan. Pembangunan damai India selalu bekerja sebagai faktor penting dan konstruktif terhadap perdamaian dan stabilitas regional. Dengan potensi besar dan kontribusi yang besar, India pasti memiliki peran lebih besar di wilayah Indo-Asia-Pasifik dan dunia,? katanya.

Untuk alasan ini, Vietnam menyambut baik India untuk terus memainkan peran pentingnya di kawasan ini dan secara konsisten mendukung partisipasi aktif dalam hubungan regional dan mekanisme kerja sama, termasuk APEC, dan juga India menjadi Anggota Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Saat ini kedua negara telah membentuk Kemitraan Strategis Komprehensif, mengemukakan kepentingan dan nilai keduanya yang serupa serta pemahaman dan posisi mengenai isu-isu regional dan global. Kedua belah pihak berupaya menerapkan Rencana Aksi 2017-2020, yang telah mencatat hasil yang signifikan. Kerjasama politik, pertahanan, dan keamanan semuanya telah diperluas dan menjadi pilar strategis dalam hubungan bilateral.

Kerja sama ekonomi dan perdagangan tumbuh secara dramatis juga. Kerja sama pengembangan dan upaya bersama dalam pertukaran pendidikan, pelatihan, budaya, pariwisata, dan pertukaran antarindividu semakin dalam, menciptakan fondasi sosial yang abadi untuk hubungan bilateral.

Tahun 2017 adalah "Tahun Persahabatan" yang merayakan ulang tahun ke-45 kerja sama Vietnam-India. Hubungan keduanya telah memasuki masa perkembangan baru, dan ini memerlukan usaha dan tekad yang diperbaharui dari kedua belah pihak untuk mewujudkan pencapaian yang selalu lebih besar dan memenuhi harapan kedua bangsaa.

"Tujuan Kemitraan Strategis Komprehensif kami tidak lain adalah Vietnam yang kuat dan makmur yang berkembang secara lestari; sebuah India yang kuat dengan prestise dan status yang berkembang di arena internasional; dan kontribusi bersama kami terhadap pemeliharaan perdamaian, stabilitas, kerjasama, dan pembangunan di wilayah dan dunia," demikian Presiden Vietnam.

Untuk tujuan ini, dia ingin membagikan beberapa pemikiran ke arah masa depan hubungan Vietnam-India: penguatan konektivitas ekonomi dan perdagangan sebagai pilar dan pendorong Kemitraan Strategis Komprehensif Vietnam-India. Oleh karena itu, kita perlu mengatasi mentalitas proteksionisme, mempromosikan liberalisasi perdagangan/ investasi, dan meningkatkan infrastruktur, konektivitas maritim dan penerbangan baik dalam konteks bilateral maupun kerangka kerja rencana subregional dan regional.

Vietnam mendukung dan akan berkoordinasi sesuai dengan itu sehingga India akan menjadi elemen penting dalam ASEAN Connectivity Master Plan, yang menyelesaikan Kesepakatan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional pada tahun 2018.

"Kita harus mempromosikan konektivitas maritim sebagai area kunci, tidak hanya dalam hubungan bilateral tetapi juga dalam konteks perdamaian, stabilitas dan pembangunan di kawasan Indo-Asia-Pasifik. Kita juga harus melakukan upaya untuk menumbuhkan tatanan maritim dan menyelesaikan perselisihan secara damai berdasarkan hukum internasional, termasuk Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut 1982 (UNCLOS).," katanya.

Selanjutnya, dia mengusulkan kedua negara harus memperkuat konektivitas dalam mewujudkan SDG di kedua negara, yang secara erat menghubungkan Agenda Aksi 2030 PBB ke kerangka kerja sama regional termasuk mekanisme Mekong-Gangga. Vietnam berharap dapat bekerja secara efektif dan substantif dengan India di bidang pertanian hijau, teknologi hijau, energi bersih dan terbarukan, peningkatan kapasitas teknologi informasi, pencegahan dan pertolongan bencana, dan respons perubahan iklim.
 

Pewarta: Mohamad Anthoni
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018