Manchester (ANTARA News) - Laga antara Manchester United kontra Liverpool boleh dibilang pertarungan berebut peringkat kedua klasemen Liga Inggris, sementara Manchester City di bawah asuha Pep Guardiola masih berada di puncak tahta sepak bola Inggris.

Manchester United siap menjamu Liverpool dalam laga pekan ke-30 Liga Inggris yang digelar di Stadion Old Trafford, Manchester, pada Sabtu waktu setempat, atau Sabtu malam, pukul 19.30 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh MNC TV.

Duel Manchester United dengan Liverpool merupakan laga klasik, bahkan memuat rivalitas yang menyentuh aspek politik dan musik. Hanya saja, tim tamu membawa kenangan pahit lantaran bermain imbang 0-0 melawan Manchester United dalam laga di Anfield pada Oktober lalu (14/10/2017).

Manchester United banyak disebut bakal menerapkan siasat memarkir bus untuk menahan laju serangan Liverpool yang bertubi-tubi dengan mengandalkan tiag serangkai, Salah, Firmino dan Mane.

Manchester United siap menurunkan kembali gelandang Marouane Fellaini setelah ia pulih dari cedera lutut. Eric Bailly, Ander Herrera, Marcos Rojo, Anthony Martial, Phil Jones dan Daley Blind siap tempur.

Di kubu Liverpool, Andrew Robertson baru pulih dari cedera yang ia alami ketika bertanding melawan Porto. Georginio Wijnaldum kembali fit dan siap turun bertanding di Old Trafford.
 
Komentar manajer:
 
Pelatih Manchester United jose Mourinho. (https://commons.wikimedia.org/)


* Jose Mourinho (Manchester United):
"Bagi saya, ini hanya sekedar pertandingan besar (antara) dua klub bersejarah, tidak hanya di Inggris, tetapi di dunia. Laga ini juga penting dalam menentukan empat besar, yang terpenting tempat kedua, hanya saja saya masih memandangnya sebagai pertandingan melawan lawan yang istimewa."

"Pertandingan ini hanyalah laga besar karena kami bicara mengenai dua klub yang besar. Jika kami menang, ini laga besar, lawan yang besar pula. Lawan merupakan tim pesaing kami untuk berebut tempat dalam delapan besar Liga Champions. Tetapi saya bukan lawan yang sangat tangguh, karena saya memandang setiap tim merupakan lawan."
Pelatih Liverpool Juergen Klopp. (Reuters)


* Jurgen Klopp (Liverpool):
"Ini saat yang baik bertanding dan bertarung ke sana, hanya saja saya belum yakin benar bahwa pertandingan bakal berjalan sengit. Mereka lawan yang berkualitas, dan mereka punya catatan positif ketika tampil bertanding di kandang. Mereka tim yang dihuni sederet pemain berpengalaman dengan manajer berpangalaman pula."

"Dua tim sepak bola yang tangguh siap bertarung. Saya berharap seluruh pemain terlibat dalam melapis pertahanan. Jika saja ada orang yang berkomentar bahwa kami menjalankan strategi memarkir bus, maka saya tidak akan menanggapinya. Kami hanya ingin bermain sepak bola."

"Pertandingan bakal berlangsung seru, tapi saya berharap kami memperoleh hasil positif."

Prakiraan susunan pemain:

* Manchester United (4-3-3):

De Gea (penjaga gawang), Valencia, Baily, Smalling, Young, McTominay, Matic, Pogba, Lingard, Lukaku, Sanchez
Pemain cadangan: Castro, Lindelof, Darmian, Shaw, Carrick, Mata, Rashford

* Liverpool (4-3-3):
Karius (penjaga gawang), Arnold, Matip, Dijk, Robertson, Chamberlain, Henderson, Can, Salah, Firmino, Mane
Pemain cadangan: Mognolet, Lovren, Moreno, Gomez, Milner, Lallana, Solanke

Data dan fakta:

Manchester United:

* Paul Pogba dikabarkan berangsur pulih dan kembali berlatih. Kepastian turun tidaknya bakal ditentukan Sabtu pagi ini.
* Mourinho santer bakal menerapkan kembali formasi 4-2-3-1 untuk menjamu Liverpool, meski terpulang kepada pulih tidaknya Pogba.
* McTominay besar kemungkinan tidak diturunkan, dengan begitu mata berpeluang tampil di Old Trafford.
* Mourinho mengonfirmasi bahwa Marouane Fellaini siap bertanding melawan Liverpool, setelah absen sejak akhir Januari.
* Martial masih dibekap cedera, sementara Ander Herrera, Marcos Rojo, Daley Blind dan Phil Jones juga absen.
 
Liverpool:
* Andrew Robertson diragukan tampil, setelah ia absen dalam laga Liverpool melawan Porto yang berakhir imbang 0-0.
* Jordan Henderson masih dibekap cedera bahu, hanya saja Klopp optimistis bahwa pemainnya itu bakal tampil di Old Trafford.
* Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, Alex Oxlade-Chamberlain dan Mohamed Salah siap bertarung melawan Manchester United.
* Georginio Wijnaldum dan Nathaniel Clyne masih bergulat dengan masalah kebugaran.

 Prediksi Man of the Match (Whoscored.com):
1.Mohamed Salah    (40,38 persen)
2.Roberto Firmino (13,46 persen)
3.Alexis Sánchez (11,54 persen)
4.David de Gea (7,69 persen)
5.Romelu Lukaku (5,77 persen)
 



Prediksi jalannya laga:
* Pemenang pertandingan ini akan menyegel tempat kedua di klasemen Liga Inggris musim ini. Manchester United unggul dua poin hanya saja perlu lebih bekerja lebih keras menghadapi dua laga ke depan jika ingin bertahan di posisi kedua.
* Liverpool tidak terkalahkan dalam tujuh laga terakhir di seluruh kompetisi, dan membukukan lima clean sheets dalam kurun itu.
* Laga melawan Manchester United merupakan kesempatan manis bagi Klopp untuk mengukuhkan diri sebagai musuh bebuyutan bagi tim asuhan Mourinho itu.
* Klopp terus memotivasi tim asuhannya untuk mengalahkan Manchester United, karena catatan melawan Manchester United sungguh jauh dari menggembirakan.
* Manchester United perlu meladeni skema ofensif yang diterapkan Liverpool.
* Belum pulihnya Pogba bakal menganggu daya tusuk serangan Manchester United ke jantung pertahanan Liverpool.

Prediksi hasil laga:
* Manchester United: 1
* Liverpool: 1

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018