Jakarta (ANTARA News)- Akademisi dari Global Sevilla, Robertus Setiono, mengatakan, belajar bahasa asing --bahasa Inggris maupun bahasa Mandarin-- lebih mudah dipelajari melalui seni dan drama.

"Belajar bahasa asing memang lebih mudah jika melalui drama dibandingkan pelajaran di kelas," ujar dia, di Jakarta, Minggu.

Oleh karena itu, mereka berupaya mengasah kemampuan bahasa asing siswa melalui drama salah satunya melalui pementasan drama musikal SD Global Sevilla Puri Indah bertajuk Double Muggle Trouble. Semua dialog dalam bahasa Inggris pada drama itu.

"Ini akan menjadi nilai tambahan bagi siswa, mereka bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya karena semua dialog menggunakan bahasa Inggris. Kalau di kelas biasa saja, tapi ketika pentas begini mereka hafal dialog dan juga memperlancar bahasa asingnya dan tentunya mudah bagi mereka."

Mereka menyadari, pola pendidikan disekolah sejatinya tidak hanya mendorong anak-anak berprestasi di bidang akademik. Mengasah keterampilan dan talenta anak perlu juga terus dilakukan.

"Tidak semua anak hanya pintar dalam akademik, tapi ada juga yang pintar non akademik. Maka dari itu perlu diberikan kesempatan bagi anak-anak untuk melakukan sesuatu atau berprestasi di bidangnya," ucap dia.

"Pendidikan itu bukan hanya di kelas, tapi juga bisa di luar kelas, dan cara bermacam-macam," katanya.

Pewarta: Indriani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018