Jakarta (ANTARA News) - Dewan Kerajinan Nasional menggelar Pameran Pesona Busana dan Aksesori Nusantara di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian, Jakarta.

"Saya turut berbahagia atas terselenggaranya acara ini sebagai rangkaian HUT Dekranas ke-38. Semoga Dekranas terus berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan industri kerajinan di Tanah Air," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat membuka acara tersebut di Jakarta, Selasa.

Airlangga menyampaikan, kerajinan tradisional yang diwariskan oleh para leluhur Indonesia merupakan produk-produk budaya yang memiliki nilai seni tinggi.

Sementara, Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla menyampaikan bahwa pameran ini bertujuan untuk mempromosikan produk kerajinan, khususnya mode dan aksesori Indonesia.

Pameran tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap produk buatan Indonesia.

"Setelah kenal timbul rasa cinta dan suka, sehingga mau membeli dan mengenakan produk buatan anak bangsa," ujarnya.
 


Berbagai produk dipamerkan dalam acara itu mulai dari aneka batik nusantara, tenun, songket, kebaya dan aksesori lainnya.

Pameran yang diselenggarakan pada 13-16 Maret 2017 diikuti oleh 50 perusahaan IKM dari berbagai daerah di Indonesia.

Walaupun pameran tersebut terbilang tidak terlalu besar, namun masyarakat cukup meminatinya, tercermin dari nilai transaksi yang dibukukan pada ajang yang sama tahun lalu sebesar Rp2,7 miliar.

Pada pembukaan pameran, diselenggarakan juga peragaan busana batik Tuban yang diikuti oleh enam perancang busana kenamaan Indonesia, di antaranya Sonny Muchlisoh, Wignyo, Indira Hadi dan Ine Rahma.
 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018