counter

Sejumlah daerah di Makassar tergenang banjir

Sejumlah daerah di Makassar tergenang banjir

Siswa melintasi banjir yang menggenangi sekolah mereka di SMP Negeri 21 Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (28/11/2017). Banjir tersebut mengganggu jalannya kegiatan belajar mengajar. () (ANTARA /Yusran Uccang)

Makassar (ANTARA News) - Hujan deras yang mengguyur Kota Makassar dan wilayah sekitarnya sejak Selasa malam hingga Rabu mengakibatkan air naik kepermukaan membuat sejumlah daerah tergenang banjir.

Informasi diterima sejumlah titik banjir di wilayah Antang, Kecamatan Manggala, sebagian wilayah Panakukang, Mangga III kompleks Kodam, Kecamatan Biringkanaya, Kompleks Swadaya jalan Abdullah Daeng Sirua, sebagian wilayah Tamalanrea, dan Kecamatan Rappocini.

Tidak hanya itu, air meluap di sepanjang jalan protokol Andi Pangeran Pettarani, dan Urip Sumoharjo. Genangan air diatas mata kaki orang dewasa. Hal ini pun menggangu arus lalulintas membuat kendaraan melambat.

Sampai saat ini tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar masih melakukan indentifikasi daerah mana yang sangat rawan terjadi genangan banjir untuk segera dilakukan penanganan.

"Sementara diindentifikasi daerah mana saja yang parah. Memang daerah-daerah tersebut sudah dipetakan rawan terjadi genangan air,"kata Kepala BPBD Makassar, Muhammad Rusli.

Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimotologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya, kondisi hujan ringan masih berlanjut di sejumlah daerah termasuk Kota Makassar.

Sampai saat ini tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar masih melalukan indentifikasi dareah mana yang sangat rawan terjadi genangan banjir untuk dilakukan penanganan.

Hujan pada pagi hari dengan intesitas ringan di wilayah Kabupaten Masamba, Malili, Belopa, Palopo, Selayar, dan Hujan Sedang-Lebat di wilayah Pinrang, Parepare, Barru, Pangkajene, Maros, Makassar, Sungguminasa, Jeneponto, dan Takalar.

Selanjutnya, Siang hingga sore hujan Ringan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, kecuali Hujan Sedang-Lebat di wilayah Kabupaten Bulukumba.

Malam hari, kondisi berawan dan berpotensi Hujan Ringan di wilayah Kabupaten Barru, Pangkajene, Maros, Makassar, Sungguminasa, Takalar, Malili, Rantepao, Makale, Masamba, Palopo, dan Belopa.

Sedangkan dini hari kondisi berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Pinrang, Barru, Pangkajene, Maros, Kota Makassar dan Pare-pare, Sungguminasa, Takalar, Masamba, Rantepao, Makale, dan Selayar.

Untuk suhu udara antara 19 -31 derajat celcius, kelembaban udara 70-95 persen dengan kecepatan angin, barat-barat laut 05-35 kilometer per jam

"Peringatan dini, hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kota Makassar dan Pare-pare, Kabupaten Pinrang, Barru, Pangkajene, Maros, Sungguminasa, Jeneponto, Takalar, Bulukumba. Arus gelombang laut diselat Makassar bagian selatan serta laut flores mencapai 1.25-2.5 meter," sebut prakirawan BBMKG wilayah Makassar Rizky Yudha.

Baca juga: Sejumlah wilayah di Makassar terendam banjir

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar