Della/Rizki-Hafiz/Gloria melenggang ke putaran dua All England

Della/Rizki-Hafiz/Gloria melenggang ke putaran dua All England

Ganda putri Indonesia Della Destiara Haris (atas) dan Rizki Amelia Pradipta (bawah). (ANTARA /Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (ANTARA News) - Dua pasangan Indonesia, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta (ganda putri) dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (ganda campuran), berhasil melenggang ke putaran dua turnamen bulu tangkis All England 2018.

Berdasarkan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Rabu, kedua pasangan tersebut memastikan langkahnya seusai meraih kemenangan gemilang di putaran pertama turnamen yang digelar di Birmingham Arena, Birmingham, Inggris, itu.

BWF mencatat, Della/Rizki menang atas pasangan Korea Selatan, Chang Ye Na/Kim Hye Rin dalam laga tiga gim selama 62 menit yang berkesudahan 22-20, 18-21, 21-17. Sementara Hafiz/Gloria, menghempaskan peringkat sembilan dunia asal Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, dua gim langsung, 21-18, 21-11.

Kedua wakil Indonesia ini, tidak mendapatkan kemenangan dengan mudah. Della/Rizki, harus terus berada di bawah dominasi duet Korsel selama gim perdana.

Della/Rizki yang terus menjaga defisit angka agar tak terlalu jauh hampir kehilangan gim pertama saat Chang/Kim mampu mencetak match point 18-20. Beruntung pasangan Indonesia menemukan kembali pola permainannya hingga berhasil mengejar dan membalikan keadaan untuk memenangkan gim perdana.

Kalah di gim perdana, Chang/Kim terpacu untuk mengejar dan hasilnya mereka kembali mendominasi gim kedua. Sempat memperkecil ketertinggalan hingga satu angka 18-19, duet Indonesia tak mampu membendung duet Korea Selatan untuk memaksakan terjadinya set penentu.

Di gim pamungkas, kedua pasangan yang bermain ketat di awal laga, berakhir dengan dominasi Della Rizki usai mampu meninggalkan Chang/Kim 7-2. Terus di bawah dominasi duet Indonesia, pasangan Korsel mengejar hingga defisit dua angka 17-19, namun hal tersebut tak bisa mencegah Della/Rizki memenangkan laga tersebut.

Ganda Campuran

Sementara itu di ganda campuran, Hafiz/Gloria terus menerus di bawah dominasi pasangan Malaysia sejak awal gim pertama. Perlahan duet Indonesia mendekati perolehan poin Tan/Lai dan menyamakan kedudukan 11-11, 12-12 dan 13-13, tapi pasangan Malaysia kembali menjauh.

Saat kembali tertinggal 14-16, Hafiz/Gloria mampu mengejar dan membalikan keadaan 19-16. Duet Malaysia kembali mengejar namun tak bisa mencegah duet Indonesia menutup gim perdana dengan kemenangan 21-18.

Kekalahan di gim perdana, nampaknya cukup "mengganggu" duet Malaysia hingga tak bisa mencegah pasangan Indonesia tancap gas hingga 14-3.

Ketika Tan/Lai kembali tertinggal 15-3, duet Malaysia tersebut melakukan pembalasan dengan mencetak lima angka beruntun, akan tetapi, hal tersebut tak dapat mencegah Hafiz/Gloria untuk meraih kemenangan dan memastikan langkahnya ke putaran dua All England 2018.

Di putaran dua nanti, Della/Rizki akan menghadapi pasangan Jepang unggulan dua turnamen, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, yang mampu melewati tantangan pasangan India, Ashwini Ponnappa/Reddy N Sikki.

Sementara itu, Hafiz/Gloria akan menghadapi kemungkinan "perang saudara" dengan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir jika pasangan senior itu bisa meraih kemenangan atas duet Rusia, Evgenij Dremin/Evgenia Dimova.

Sebelumnya, Indonesia sudah kehilangan satu wakil, yakni pasangan ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, yang di luar dugaan kalah dua gim langsung 11-21, 19-21 dari pasangan Bulgaria, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar