Sydney (ANTARA News) - Penyerang veteran Australia Tim Cahill yang berpengalaman merumput di Liga Inggris tidak mendapat jaminan akan masuk dalam skuat Piala Dunia 2018, menurut pelatih Bert van Marwijk.

Cahill (38) dimasukkan dalam skuad pertama Van Marwijk pada Rabu untuk pertandingan-pertandingan persahabatan melawan Norwegia dan Kolombia pada akhir bulan ini, meski ia jarang dimainkan sejak ia kembali ke tim divisi kedua Inggris Millwall.

"Itu bukan jaminan untuk dia bahwa saya akan menominasikan dia untuk kejuaraan dunia, namun bagi saya penting untuk memberikan dia sinyal bahwa ia merupakan pemain penting," kaat Van Marwijk kepada para pewarta pada Kamis.

"Ia tidak banyak bermain dan penting bahwa para pemain memiliki ritme dan bermain."

"Namun selalu ada pengecualian-pengecualian. Ia merupakan pemain yang sangat penting untuk tim nasional pada kualifikasi dan pada playoff."

Cahill berhenti memperkuat klub Liga Australia Melbourne City pada Desember dan kembali ke Millwall dalam upayanya untuk memperbesar peluang-peluangnya tampil di Piala Dunia untuk keempat kalinya secara beruntun.

Baca: Timnas Australia akan mainkan laga persahabatan lawan Norwegia

Bagaimanapun, mantan pemain Everton itu, hanya bermain total kurang dari 40 menit sejak kedatangannya di klub tenggara London itu.

"Ini merupakan sinyal yang sangat bagus dari dia bahwa ia pergi ke Inggris untuk bermain untuk membuat peluang bagi kejuaraan dunia," tambah Van Marwijk.

Minimnya kesempatan bermain di Liga Australia dan Millwall, namun dimasukkan ke dalam skuad untuk pertandingan melawan Norwegia di Oslo dan Kolombia di London membuat media lokal terkejut.

Cahill merupakan salah satu pemain paling berpengalaman di timnas Australia dan Van Marwijk hanya memiliki tiga bulan untuk membentuk tim setelah mantan pelatih Ange Postecoglou mengundurkan diri menyusul kemenangan "The Socceroos` atas Honduras pada playoff untuk lolos ke putaran final.

Baca: Cahill kecewa atas spekulasi media terkait mundurnya Postecoglou

Tim telah tiba di Oslo sejak Minggu.

"Saya berusaha untuk mengenal mereka dengan lebih baik dan mengatakan sesuatu kepada mereka mengenai rencana... Namun latihan sebenarnya yang saya inginkan, menurut saya kami tidak punya waktu," kaat Van Marwijk.

"Pengalaman saya juga bahwa bukan sesuatu yang bagus untuk mengatakan keseluruhan visi Anda dalam 30 menit, menurut saya itu tidak bagus untuk para pemain, itu memerlukan waktu."

"Inilah situasinya. Saya tidak dapat mengubahnya."

Australia akan menghuni Grup C di Piala Dunia bersama Prancis, Denmark, dan Peru.

(H-RF)

Pewarta: SYSTEM
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018