Timika, Papua (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR Fadli Zon bersama 10 anggota parlemen mengunjungi Kabupaten Mimika di Papua pada Kamis untuk melihat pelaksanaan undang-undang tentang otonomi khusus (otsus).

"Otsus secara keseluruhan, jadi semua terkait dengan pelaksanaan UU Otsus, tetapi juga terkait dengan pengawasan di bidang-bidang yang lain termasuk dengan yang terkait semua yang ada di Papua," kata Fadli Zon, ketua Tim Pengawas Pelaksanaan Otsus Papua, Aceh dan Yogyakarta.

"Jadi bersama dengan anggota DPR yang kurang lebih 10 orang itu kami akan melihat situasi dan kondisi, termasuk menyerap aspirasi masyarakat, masalah-masalah yang ada, karena memang kami juga banyak menerima laporan, ada juga persoalan dengan tenaga kerja dan lain-lain," politikus Partai Gerindra itu menambahkan.

Ketika ditanya apakah kunjungan ke Tembagapura ada kaitannya dengan ribuan karyawan Freeport yang mogok kerja, Fadli Zon mengatakan bahwa dewan sudah menerima laporan mengenai masalah itu dan akan mengunjungi area tambang PT Freeport untuk membantu mengupayakan penyelesaian masalah.

Anggota dewan, menurut dia, ingin mendapat masukan dari semua pihak supaya bisa merumuskan kebijakan dan intervensi untuk mengatasi persoalan.

Setelah beristirahat sejenak di Bandara Mozes Kilangin Timika, rombongan Wakil Ketua DPR langsung menuju ke Tembagapura untuk melakukan pertemuan dengan Presiden PT Freeport Indonesia beserta jajarannya. Selanjutnya mereka akan bertemu dengan Bupati Mimika dan unsur-unsur musyawarah pimpinan daerah pukul 19.00.
 

Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018