Bandung (ANTARA News) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyampaikan sebanyak 15 perusahaan bidang perdagangan dan industri akan membuka lowongan pekerjaan yang secara resmi dibuka pada kegiatan Job Fair 2018 mulai 20 sampai 21 Maret 2018 di Gedung Sasakadana, Garut.

"Bursa kerja atau Job Fair 2018 ini dilaksanakan bekerjasama dengan Kemenaker RI," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Garut, Tedi, kepada wartawan di Garut, Kamis.

Ia menuturkan, pertumbuhan penduduk di Kabupaten Garut terus meningkat yang tentunya berdampak pada penyerapan tenaga kerja di sektor formal maupun informal.

Pemerintah Kabupaten Garut, kata dia, memiliki kewajiban untuk berusaha agar masyarakat yang menganggur segera mendapatkan pekerjaan melalui program Job Fair 2018 tersebut.

"Diharapkan Joba Fair 2018 ini mampu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Garut," katanya.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data tahun 2017 tercatat sekitar 21.014 pencari kerja di Garut, dan sebanyak 1.000 hingga 1.500 orang dapat terserap oleh pasar kerja pada sektor industri maupun perdagangan.

Ia menyampaikan, perusahaan yang akan menjadi peserta dalam Job Fair 2018 itu di antaranya yang bergerak di bidang perdagangan dan industri seperti PT. Changshin Reksa Jaya, PT. Bina Artha Ventura, Sehati Group, Rumah Makan Cibiuk dan bidang perbankan seperti BPR KS, dan Mandala Multi Finance.

Kegiatan Job Fair 2018 itu, kata Tedi, akan digelar acara yang mengedukasi para pencari kerja untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas dirinya sebagai persiapan masuk ke dunia kerja.

"Hal ini (edukasi) agar para pencari kerja terdorong untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas dalam menghadapi dunia kerja untuk mengurangi tingkat pengangguran," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018