Jakarta (ANTARA News) - Arsenal melaju mulus ke babak perempat final Liga Europa setelah menang meyakinkan 3-1 atas AC Milan di laga kedua putaran 16 besar yang berlangsung di Stadion Emirates, London, Inggris, Jumat pagi WIB.

Arsenal lolos ke perempat final berbekalkan skor agregat 5-1 atas Milan, setelah pekan lalu menang dua gol tanpa balas di San Siro.

Sebagaimana Arsenal, Atletico Madrid juga melaju meyakinkan ke babak perempat final usai pesta gol 5-1 di markas Lokomotiv Moscow dalam laga yang berlangsung lebih awal pada Jumat dini hari WIB.

Atletico mengantongi skor agregat 9-2 atas Lokomotiv dan menjadi tim yang paling pertama menjejakkan kaki ke babak perempat final.

Sementara itu, di Kiev, Lazio berhasil membenamkan tuan rumah Dynamo Kiev 2-0 berkat gol Lucas Leiva dan Stefan de Vrij demi memperoleh skor agregat 4-2 dan lolos ke perempat final.

Di Sankt Petersburg, tuan rumah Zenit gagal membayar defisit kekalahan 1-2 ketika hanya bermain imbang 1-1 kontra wakil Jerman RB Leipzig dan membuat mereka harus meninggalkan kompetisi Liga Europa.

Wakil Prancis Olympique Marseille berhasil memperbesar kemenangan agregat mereka menjadi 5-2 atas Athletic Bilbao demi memastikan Spanyol hanya punya satu wakil di perempat final.

Sayangnya, langkah Marseille tak diikuti oleh sesama tim Prancis lainnya, Olympique Lyon, yang memasuki laga kedua dengan bekal kemenangan 1-0 di kandang CSKA Moskow, namun harus mengakui keunggulan wakil Rusia itu yang meraih kemenangan 3-2 berkat gol-gol Aleksandr Golovin, Ahmed Musa dan Pontus Wernbloom.

Di Plzen, Ceko, laga antara Viktoria Plzen melawan Sporting Lisbon harus dilanjutkan ke babak tambahan setelah tuan rumah unggul 2-0 di pengujung waktu normal dan skor agregat masih sama kuat 2-2. Sporting akhirnya memastikan satu tempat di perempat final setelah Rodrigo Battaglia mencetak gol di babak tambahan kedua, tepatnya menit 107.

Satu laga lain berakhir imbang tanpa gol, antara Red Bull Salzburg melawan Borussia Dortmund. Berkat modal kemenangan 2-1 di laga pertama, Salzburg berhasil menjadi wakil Austria pertama yang melangkah ke babak perempat final.

Dengan demikian babak perempat final Liga Europa musim ini berisikan delapan tim dari delapan negara berbeda, yakni Atletico Madrid (Spanyol), Arsenal (Inggris), CSKA Moskow (Rusia), Lazio (Italia), Olympique Marseille (Prancis), RB Leipzig (Jerman), Red Bull Salzburg (Austria) dan Sporting Lisbon (Portugal).

Berikut skor akhir laga kedua 16 besar Liga Europa seturut laman resmi UEFA (tuan rumah disebut pertama, dalam kurung skor agregat):

Lokomotiv Moskow 1 (2) - Atletico Madrid 5 (9) Baca juga: Pesta gol di Moskow, Atletico melenggang ke perempat final

Zenit St. Petersburg 1 (2) - RB Leipzig 1 (3)

Atlhletic Bilbao 1 (2) - Olympique Marseille 2 (5)

Dynamo Kiev 0 (2) - Lazio 2 (4) Baca juga: Lazio ke perempat final usai bungkam Kiev 2-0

Viktoria Plzen 2 (2) - Sporting Lisbon 1 (3)

Red Bull Salzburg 0 (2) - Borussia Dortmund 0 (1) Baca juga: Hanya raih skor kaca mata, Dortmund tersingkir dari Liga Europa

Olympique Lyon 2 (3) - CSKA Moskow 3 (3) *CSKA lolos berkat agresivitas gol tandang

Arsenal 3 (5) - AC Milan 1 (1) Baca juga: Bekap Milan 3-1, Arsenal mantapkan langkah ke perempat final

Pewarta: SYSTEM
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018