London (ANTARA News) - Perwakilan Bank Indonesia di London, Inggris sebagai kepanjangan tangan Kantor Pusat BI mempromosikan penyelenggaraan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia (Annual Meeting IMF-WB) di Bali pada Oktober 2018.

Hal itu dijelaskan Kepala Perwakilan Bank Indonesia London, Donny Hutabarat kepada Antara London, Kamis sehubungan dengan penyelenggaraan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia 2018 disela-sela acara Indonesia Infrastructure Investment Forum (IIIF) yang diadakan di London selama dua hari 15 dan 16 Maret.

Donny Hutabarat mengatakan acara IIIF yang menghadirkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Dubes RI di London Rizal Sukma dan Utusan Perdana Menteri Inggris untuk Komunitas Ekonomi ASEAN, Richard Graham, Bank Indonesia mengundang lebih banyak investor di Inggris membuka kesempatan investasi di bidang infrastruktur yang relatif masih baru dibuka bagi kalangan swasta.

Donny Hutabarat, yang ruang lingkup kerjanya meliputi Eropa, dan Timur Tengah itu mengakui untuk mempromosikan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia itu, ia melakukan serangkaian acara yang disebutnya dengan "Voyage To Indonesia (VTI)".

Sejauh ini tanggapan yang diterima mengenai Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia (Annual Meeting IMF-WB) yang akan diselenggarakan di Bali tahun ini sangat positif, ujarnya.



Ingin berwisata

Menurut mantan direktur Departemen Pengelolaan Moneter, Bank Indonesia Jakarta, popularitas Bali yang mendunia tidak menyulitkannya dalam menjelaskan lokasi pertemuan tahunan IMF-WB dan bahkan banyak orang antusias dan berencana hadir tidak hanya untuk acara tersebut namun kemungkinan akan tinggal lebih lama menikmati pariwisata Bali.

" Berdasarkan informasi terakhir yang kami dengar saat ini status fasilitas akomodasi di sekitar pelaksanaan acara di Nusa Dua selama sepekan mendekati dan sesudah acara pada tanggal 12-14 Oktober mendatang sudah fully booked," ujarnya.

Diakuinya promosi wisata yang dilakukan dalam program ini juga telah menarik minat calon peserta untuk turut menikmati paket-paket wisata yang ditawarkan.

" Hal ini sesuai dengan harapan kami bahwa penyelenggaran acara ini juga memberikan manfaat langsung ke masyarakat sekitar, bahkan menjadi ajang promosi tempat wisata lain di Indonesia yang dikenalkan sebagai `10 Bali Baru`, antara lain Danau Toba (Sumut), Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng), Gunung Bromo (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara)".

Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia yang akan menghadirkan para pemimpin kalangan bank sentral dan kementerian keuangan dari seluruh dunia, delegasi beserta rombongan peserta lainnya diperkirakan akan mencapai 15.000 peserta dan akan dilakukan banyak sekali pertemuan dan forum bisnis menghadirkan tokoh keuangan dunia ini di luar pertemuan utama.
 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018