California (ANTARA News) - Honda mengumumkan peluncuran All New Accord Hybrid di Amerika Serikat pada 23 Maret 2018 dan tersedia dalam lima varian, yaitu Hybrid, EX, EX-L, EX-L Navi dan Touring.

Dengan tenaga terbesar di kelasnya dan kabin yang lapang, generasi terbaru Honda Accord Hybrid menawarkan performa yang fun-to-drive, efisien, sekaligus fitur premium dan kenyamanan dalam bentuk yang lebih ringkas.

Meskipun ditawarkan dengan harga lebih rendah dari model sebelumnya, Accord Hybrid tetap menawarkan velg 17 inch, LED Headlight and Taillights, Dual-Zone Climate Control, Smart Entry with Push Button Start, TFT Digital Meter 7 inch, Multi-Angle Rearview Camera dan Honda Sensing sebagai teknologi keselamatan canggih.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow, Collision Mitigation Braking System™, Road Departure Mitigation, Lane Departure Warning dan Traffic Sign Recognition.

Mesin

Honda Accord Hybrid menggunakan generasi ketiga mesin Two-Motor Hybrid Powertrain yang didukung 2.0L DOHC i-VTEC Atkinson 4 silinder dengan efisiensi termal 40 persen untuk menghasilkan torsi 232 lb-ft dan tenaga 212 Hp. Seperti sebelumnya, Honda Accord Two-Motor System beroperasi tanpa membutuhkan transmisi automatic konvensional.

Untuk memaksimalkan energi, sedan ini menggunakan Deceleration Selectors yang berfungsi serupa dengan transmisi Paddle Shift karena sistem ini memungkinkan pengemudi memindahkan gigi ke dalam 4 level berbeda untuk memaksimalkan pengereman.

Baca juga: Honda Indonesia "recall" Odyssey dan Accord karena masalah spion

Baca juga: Honda investasi 267 juta dolar AS produksi Accord baru

Baca juga: 10 mobil paling banyak dicuri di AS, Honda Accord terbanyak


Selektor sebelah kanan berfungsi meningkatkan kemampuan pengereman secara bertahap, sedangkan selektor sebelah kiri memiliki fungsi sebaliknya, yakni menurunkan pengereman secara bertahap. Sistem ini membantu mengurangi tekanan pada rem sekaligus meningkatkan pengisian baterai melalui regenerasi.

Powertrain Accord Hybrid beroperasi dengan melakukan perpindahan di antara tiga mode berkendara, yaitu EV Drive (100 persen tenaga mesin listrik), Hybrid Drive (perpaduan tenaga dari mesin listrik dan mesin berbahan bakar) dan Engine Drive (100 persen tenaga mesin berbahan bakar).

Tambah varian listrik

Accord Hybrid menawarkan sejumlah keunggulan dengan wheelbase lebih panjang 2,6 inch dan Intelligent Power Unit (IPU) 32 persen lebih kecil yang kini letaknya dipindahkan dari bagasi ke bagian bawah bodi, sehingga memungkinkan bangku belakang dapat dilipat 60/40.

Mobil ini memiliki bagasi terlapang di kelasnya (16,7 kubik), kabin yang lega (122,3 kubik) dan ruang kaki sebesar 40,4 inch.

Hadirnya Accord Hybrid menambah varian kendaraan listrik Honda yang meliputi seri Clarity - Clarity Fuel Cell, Clarity Electric dan Clarity Plug-In Hybrid – serta mobil sedan Honda Insight yang akan diluncurkan pada 2019 mendatang.

Model ini mewakili generasi terbaru kendaraan Honda menuju visi globalnya untuk menguasai dua-pertiga penjualan mobil listrik pada 2030.

Accord Hybrid, Accord 1.5T dan 2.0T serta komponen IPU pasar Amerika Utara dirakit menggunakan komponen lokal dan ekspor di Marysville, Ohio Auto Plant.

Sedangkan mesin hybrid 2.0L Atkinson-cycle diproduksi di Anna, Ohio Engine Plant sebagai pabrik terbesar Honda. Sejak Honda mendirikan pabrik perakitan mobil di Marysville, Ohio pada November 1982, Honda Accord telah terjual lebih dari 11 juta di Amerika selama 41 tahun
Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018