Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan akan segera membangun Pelabuhan Gili Trawangan di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menjaga konektivitas serta memfasilitasi wisatawan yang akan berkunjung, serta mendukung pertemuan IMF di Bali, Oktober 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal itu seusai meninjau di Pelabuhan Pemenang, Gili Trawangan dan Gili Air Lombok Utara, NTB pada Sabtu (17/3).

"Kami akan upayakan untuk membangun Pelabuhan di Gili Trawangan paling tidak dengan panjang 100 meter dan trestle 100 meter. Kita harapkan bulan Oktober pelabuhan ini sudah jadi," kata Menhub dalam keterangan persnya.

Selain untuk mendukung pariwisata di Lombok, pembangunan Pelabuhan Gili Trawangan ini juga akan menjadi konektivitas Lombok dan Bali karena pada bulan Oktober akan dilakukan pertemuan IMF dan Bank Dunia.

Menurut Menhub, setiap harinya wisatawan yang datang mencapai 1.500 orang dan kapal-kapal yang datang dari Bali ke Gili mencapai 60 kapal.

"Gili Trawangan merupakan satu destinasi yang diunggulkan dan secara konsisten mendatangkan wisatawan bahkan bisa mencapai 3.000 orang perhari. Nantinya jika ada Pelabuhan Gili Trawangan, kapal-kapal bisa langsung kesini dan bersandar disini. Kalau sekarang kan sandarnya hanya di Dermaga Pemenang," ujar Menhub.

Tidak hanya itu, adanya Pelabuhan Gili Trawangan akan semakin menarik minat wisatawan untuk datang ke-3 Gili tersebut.

"Kita harapkan ini dapat meningkatkan minat  wisatawan untuk datang kesini karena saya lihat ada beberapa hotel yang bagus. Jadi kalau pelabuhannya bagus, kapalnya bagus pasti akan memberikan pelayanan yang baik." katanya.

Selain membangun Pelabuhan Gili Trawangan, Menhub berencana akan menambah kapal untuk Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Indonesia (KPLP) di Pelabuhan Bangsal Pemenang. "Kita akan upayakan ada penambahan kapaln untuk KPLP disini," tuturnya.

Lebih lanjut penambahan kapal tersebut akan digunakan untuk mengamankan pelayaran dan penjagaan sarana serta prasarana laut dan pantai.

"Kapal KPLP ini untuk memastikan keamanan di wilayah perairan disini (Pelabuhan Pemenang)," demikian Menhub.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018