Jakarta (ANTARA News) - Formulir lamaran kerja pendiri Apple, Steve Jobs, terjual 174.757 dolar AS atau sekitar Rp2,4 miliar hampir sepekan setelah perusahaan lelang RR Auction menggelar lelang lamaran kerja itu secara daring.

Formulir lamaran untuk posisi pekerjaan yang tidak diketahui itu diisi Steve Jobs tahun 1973, sekitar tiga tahun sebelum Jobs dan Steve Wozniak mendirikan Apple Computer. Selang empat tahun setelah itu, Jobs menjadi jutawan ketika perusahaannya go public.

Namun pada tahun 1973, ketika Jobs mengisi formulir pekerjaan itu, dia tidak punya mobil atau bahkan ponsel, dan dia menulis bahwa akses transportasi "mungkin, tetapi tidak memungkinkan."

Laman informasi teknologi Phone Arena mewartakan bahwa terakhir mereka mengecek tawaran tinggi untuk dokumen itu 50.000 dolar AS (sekitar Rp688 juta), dan sekarang lelang sudah selesai dan formulir bertandatangan pemuda 18 tahun yang kemudian menjadi eksekutif kaya itu terjual 174.757 dolar AS (sekitar Rp2,4 miliar).

Lelang dimenangkan oleh seorang pengusaha yang tinggal di London. Dengan uang sebanyak itu, alih-alih membeli selembar formulir lamaran kerja Jobs, pembelinya bisa menggunakannya untuk membeli 981 saham Apple atau 166 unit iPhone X versi 256GB.

Namun dokumen tersebut memang merupakan salah satu barang berharga yang bernilai milik Steve Jobs. Untuk melihat seberapa berharganya memorabilia Steve Jobs tersebut, belum lama ini RR Auction melelang surat yang ditandatangani oleh istri presiden pertama AS Martha Washington dan distempel oleh suaminya, juga surat resmi tulisan Benjamin Franklin, serta John Hancock's John Hancock. Semuanya diperkirakan terjual di bawah angka 174.757 dolar AS untuk formulir lamaran kerja Jobs yang bahkan tidak ditandatangani oleh pendiri Apple itu.
 

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018