Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita kemarin (18/3) yang masih layak Anda simak:

Presiden bicara siasat berantas terorisme di ASEAN-Australia Special Summit

Presiden Joko Widodo berbicara mengenai pendekatan keras dan lunak dalam upaya memberantas terorisme, khususnya di kawasan Asia Tenggara dan Australia, dalam pidatonya di sidang pleno ASEAN-Australia Special Summit di International Convention Centre (ICC), Sydney, Minggu.

"Pendekatan keras saja tidak cukup untuk mengatasi ancaman terorisme dan radikalisme dan perlu diimbangi dengan pendekatan lunak, salah satu hal yang sangat penting adalah kapasitas preventif," katanya.

Presiden menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman kerja sama pemberantasan terorisme, ASEAN-Australia MoU on Cooperation to Counter International Terrorism, pada Sabtu (17/3) yang akan menjadi penguat upaya memerangi ancaman terorisme.

Marcus/Kevin kembali juarai All England

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo, mempertahankan gelar yang diraihnya tahun lalu setelah meraih kemenangan atas pasangan Denmark peringkat dua dunia, Mathias Boe/Carsten Mogensen, 21-18, 21-17 di turnamen bulu tangkis level Super 1.000, All England 2018.

Dovizioso juara MotoGP pembuka di Qatar, Rossi urutan ketiga

Pebalap Italia Andrea Dovizioso memenangi balap pembukaan MotoGP di Qatar untuk Ducati pada Minggu, setelah duel mendebarkan dengan juara bertahan yang membela Respol Honda Marc Marquez.

Valentino Rossi, legenda asal Italia yang memulai musim Grand Prix ke-23 pada usia 39 tahun dan dengan kontrak baru berdurasi dua tahun dengan Yamaha bergabung dengan di podium di sirkuit gurun pasir di urutan ketiga, diikuti Crutchlow, Petrucci, Vinales dan Pedrosa di urutan empat hingga tujuh.

Jet tempur Israel serang bagian timur Gaza

Jet-jet tempur Israel melancarkan serangan setelah tengah malam dengan setidaknya empat rudal ke satu fasilitas militer di bagian timur Kota Gaza menurut beberapa saksi mata dan personel keamanan Hamas.

Tak ada laporan mengenai korban cedera akibat serangan tersebut menurut petugas paramedis setempat.

Beberapa saksi mata mengatakan pesawat tempur Israel terbang di atas Kota Gaza, lalu terdengar suara beberapa ledakan di bagian Kota Gaza, Permukiman Zaytoon Timur, menambahkan bahwa serangan udara Israel merusak satu pabrik di daerah tersebut.

Tokoh pemburu koruptor jadi kepala badan baru anti-korupsi China

Parlemen China pada Minggu menunjuk tokoh pemburu korupsi menjadi kepala badan baru anti-korupsi meskipun kekuatan sepenuhnya akan tetap berada di tangan Partai Komunis, yang berkuasa.

Sejak menjabat lebih dari lima tahun lalu, Presiden Xi Jinping melancarkan perang terhadap korupsi, yang mengakar di China, dengan puluhan pejabat tinggi dipenjara, termasuk kepala keamanan dalam negeri Zhou Yongkang, yang disegani, lapor Reuters.


 

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018