Desain "notch" V9 mirip iPhone X, ini jawaban Vivo

Desain "notch" V9 mirip iPhone X, ini jawaban Vivo

Desain notch pada Vivo V9 (ANTARA News/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA News) - Apple meluncurkan iPhone X, pada 2017, dengan desain baru yang belum pernah digunakan oleh vendor smartphone lain, yaitu adanya cekungan di bagian atas layar atau yang sering disebut "notch."

Sejumlah perusahaan teknologi nampaknya tertarik untuk mengusung desain serupa. Asus, akhir bulan lalu, meluncurkan Zenfone 5 dengan desain notch. Seakan tak mau ketinggalan, Vivo juga bakal meresmikan V9 dengan desain notch mirip dengan iPhone X.

Baca juga: Asus luncurkan deretan Zenfone 5, mirip iPhone X

Product Manager Vivo Mobile Indonesia, Jason Fanajaya, mengatakan bahwa Vivo mengusung desain notch tersebut berdasarkan riset yang diinginkan oleh konsumen Indonesia.

"Kita mengikuti kemauan konsumen karena ini benar-benar pada dasarnya pilihan orang Indonesia, ratusan orang berbagai macam kota. Kita memang consumen oriented," ujar Jason di Jakarta, Senin.

Jason mengatakan bahwa Vivo memang fokus dalam research and development. "Saya turun ke lapangan sendiri jadi misterius buyer," kata dia.

Berdasarkan riset yang dilakukan Vivo, Jason mengungkapkan bahwa konsumen Indonesia menginginkan smartphone dengan layar yang besar namun memiliki bodi yang kecil.

Lebih dari itu, menurut Jason, konsumen Indonesia menginginkan emotional value atau prestige saat memakai smartphone, "bukan sekedar membeli handphone."

Menurut Jason, Indonesia selalu dilibatkan dalam pengembangan produk Vivo. Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar Vivo di Asia Tengggara.

"Bahkan dari global turun ke sini datang ke sini (Indonesia) untuk berapa bulan untuk pengen tahu (pasar)," kata Jason.

Terkait desain notch, agar pengguna tidak terganggu dengan cekungan di bagian layar saat menonton video, Jason menjelaskan bahwa Vivo telah membekali V9 dengan berbagai opsi tampilan video.

Baca juga: Ini komentar Samsung tentang "notch" iPhone X

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar