Jakarta (ANTARA News) - Kompetisi pra-musim bola basket nasional yang diinisiasi Liga Bola Basket Indonesia (IBL) dijadwalkan bergulir pada September 2018, kata Direktur IBL Hasan Gozali.

Turnamen ini digelar sebagai salah satu persiapan klub-klub menuju IBL musim 2018-2019.

"Turnamen akan berlangsung September sebelum acara draft pemain untuk musim 2018-2019. Pesertanya merupakan tim-tim IBL dan kemungkinan tanpa pemain asing, hanya pemain lokal," ujar Hasan di Jakarta, Senin.

Sebagai informasi, kompetisi pra-musim yang diselenggarakan IBL tidak sama dengan turnamen pra-musim Perbasi Cup yang sudah digelar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) sejak tahun 2016.

Namun IBL memastikan tetap berkoordinasi dengan Perbasi terkait pelaksanaan turnamen yang pelaksanaannya bekerja sama dengan sponsor anyar IBL yaitu perusahaan jasa berbasis aplikasi asal Indonesia, Go-Jek.

Sebelumnya, satu-satunya turnamen resmi pra-musim untuk tim-tim Liga Bola Basket Indonesia (IBL) digelar oleh Perbasi pertama kali pada tahun 2016 untuk memperingati ulang tahun ke-65 organisasi tersebut yang jatuh pada 23 Oktober.

Adapun juaranya ketika itu adalah Satria Muda Pertamina yang menundukkan CLS Knights Surabaya di final.

Sementara di edisi tahun 2017, Pelita Jaya yang keluar sebagai kampiun setelah mengalahkan Satria Muda Pertamina.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018