counter

Rupiah Selasa sore menguat ke Rp13.741

Rupiah Selasa sore menguat ke Rp13.741

Rupiah Ditutup Menguat. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa sore, bergerak menguat sebesar 36 poin menjadi Rp13.741 dibanding posisi sebelumnya Rp13.777 per dolar AS.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Selasa mengatakan bahwa pergerakan dolar AS tertahan menjelang pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), sebagian pelaku pasar diperkirakan melakukan aksi ambil untung.

"Sebagian pelaku pasar uang memanfaatkan dolar AS yang telah menguat dalam beberapa hari terakhir ini untuk ambil untung," katanya.

Di sisi lain, ia menambahkan, penguatan rupiah juga dibarengi dengan apresiasi mata uang euro seiring langkah bank sentral Eropa (ECB) yang mengurangi program stimulus pembelian obligasi dan rencana menaikan suku bunga acuannya pada pertengahan 2019 mendatang.

"Kenaikan rupiah hari ini (20/3) diharapkan dapat membuka peluang bagi rupiah untuk kembali terus naik," katanya.

Analis Valbury Sekuritas Indoneia Lukman Leong mengatakan bahwa saat ini, rupiah hanya bergerak secara teknikal dan masih memiliki potensi pelemahan di tengah antisipasi pelaku pasar terhadap keputusan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengenai suku bunga The Fed.

"Investor masih mempertimbangkan outlook kenaikan suku bunga AS, kondisi itu membuat pergeakan rupiah relatif masih terbatas," katanya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Selasa (20/3) mencatat nilai tukar rupiah bergerak menguat ke posisi Rp13.761 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.765 per dolar AS.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar