Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menunjuk tiga direktur baru, salah satunya Tambok Parulian, mantan Direktur Keuangan PT Karakatau Steel yang diangkat menjadi Direktur Perbankan Ritel, kemudian Dadang Setiabudi menjadi Direktur Teknologi Informasi dan Endang Hidayatullah menjadi Direktur Kepatuhan.

"Menyetujui dan Mengangkat Saudari Tambok PS Simanjuntak, Saudara Endang Hidayatullah, dan Saudara Dadang Setiabudi sebagai Anggota Direksi Perseroan," kata Direktur Utama BNI Achmad Baiquni usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Selasa.

Tambok merupakan direktur yang direkrut dari eksternal BNI. Adapun Dadang dan Endang, merupakan bankir karir yang sebelumnya menjabat masing-masing sebagai Senior Executive Vice President Information and Technology dan Vice President of Legal.

Sedangkan Tambok selama ini merupakan Direktur Keuangan Krakatau Steel yang diangkat pada 2016.

Dalam RUPST itu juga, para pemegang saham BNI juga menyetujui untuk membagikan 35 persen dividen atau sebesar Rp4,7 triliun dari laba periode 2017 sebesar Rp13,6 triliun.

Dividen tersebut terdiri dari 25 persen atau senilai Rp3,4 triliun digunakan sebagai dividen, dan 10 persen atau senilai Rp1,36 triliun ditetapkan sebagai spesial dividen.

Dalam rapat ini juga perseroan menetapkan rencana aksi perseroan (recovery plan) sebagai bank sistemik. Hal ini sesuai permintaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Peratiran OJK (POJK) Nomor 14/POJK.03/ 2017 tentang Rencana Aksi (Recovery Plan) bagi Bank Sistemik.

Dari rencana itu, BNI memutuskan akan menerbitkan surat utang subordinasi tahun ini dengan nilai sementara sebesar Rp2 triliun.

Adapun susuan Direksi BNI yang baru hasil RUPST adalah :

1. Achmad Baiquni : Direktur Utama
2. Herry Sidharta : Wakil Direktur Utama
3. Putrama Wahju Setyawan : Direktur Perbankan Korporasi
4. Tambok PS Simanjuntak : Direktur Retail Banking
5. Catur Budi Harto : Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan
6. Rico Rizal Budidarmo : Direktur Treasury dan International Banking
7. Anggoro Eko Cahyo : Direktur Keuangan
8. Dadang Setiabudi : Direktur TI dan Operasi
9. Adi Sulistyowati : Direktur Hubungan Kelembagaan
10.Bob Tyasika Ananta : Direktur Manajemen Risiko
11.Endang Hidayatullah : Direktur Kepatuhan.

Baca juga: BNI nikmati laba Rp13,6 triliun dari operasi 2017

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018